Kampung Inggris Destinasi wisata sejarah Tempat Bulan Bakti Karang Taruna Batu Bara

Media Apakabar.com
Selasa, 22 September 2020 - 08:43
kali dibaca

Mediaapakabar.com- 
Kampung Inggris yang berlokasi di puncak bukit Desa Pelanggiran Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang akan dijadikan pusat kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna se Kabupaten Batu Bara tanggal 26 September 2020 yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Karang Taruna Batu Bara Nanda Oktavian diwakili Sekretaris Riky Ramadan Ketika berkunjung bersama Kadis Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Syafri Musa SPD, MPD dan Majlis Pertimbangan Karang Taruna ( MPKT ) Drs Syaiful Syafri MM kelokasi bangunan rumah  peninggalan Inggris tahun 1910  - 1911 di perbukitan Desa Pelanggiran, Senin 21/09.

Menurut Dr Phil Ihwan Azhari seorang sejarawan dari Universitas Medan bahwa Kampung Inggris merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Batu Bara dan telah di canangkan Bupati Batu Bara Ir H Zahir M,AP.

Daerah ini Kata Dr Phil Ihwan Azhari dulunya lebih populer dengan sebutan Kebun Tanjung Kasau yang didirikan oleh perusahaan Inggris Harrisons and Crossfield pada tahun 1910 - 1911.


Perkebunan karet ini memiliki 9 unit bangunan perumahan kata Dr Phil Ikhwan Azhari dan 1 unit pabrik karet.  Saat ini salah satu bangunan perumahan peninggalan Inggris yang berdiri megah di puncak perbukitan telah ditata dengan tanaman bunga bungaan yang bersumber dari dana CSR PT Pelindo 1 sehingga sangat menarik dikunjungi sebagai destinasi wisata untuk pendidikan sejarah maupun kebudayaan, karena kelak dilengkapi dengan benda benda peninggalan sejarah yang di pakai Inggris ketika berada di rumah ini.

Dengan panorama indah terhampar taman bunga dan perkebunan kelapa sawit dibawah perbukitan ini sehingga dikunjungi oleh Teresa Dirk dari Inggris dan Edward Mckinnan di bulan Mai 2019 yang lalu.(ss)
Share:
Komentar

Berita Terkini