Gandeng Astra dan RSPP, Dewan Pers Gelar Tes Swab PCR Insan Media

armen
Kamis, 10 September 2020 - 20:48
kali dibaca





Mediaapakabar.com-Dalam rangka penanggulangan penyebaran virus COVID-19, sebanyak 105 wartawan dan pekerja media mengikuti tes swab polymerase chain reaction (PCR) di Hall Gedung Dewan Pers di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Kamis (10/09/2020).

Ketua Komisi Kerja Sama dan Hubungan Antar Lembaga Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Dewan Pers dengan Astra dan RS Pusat Pertamina.

“Penanggulangan pandemi COVID-19 sangat ditentukan oleh keberhasilan dalam melakukan komunikasi massa. Di sini, wartawan berada di garda depan penanggulangan pandemi dengan senantiasa memberitakan perkembangan pandemi dan menyebarkan informasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Namun, wartawan, khususnya yang berada di lapangan, sangat berisiko terpapar COVID-19. 

Dalam rangka melindungi dan meringankan beban para wartawan, Dewan Pers akan terus berupaya melaksanakan tes swab PCR untuk para wartawan,” kata Agus

Dewan Pers mengapresiasi kepedulian Astra dan RS Pusat Pertamina yang telah mendukung pelaksanaan tes swab PCR untuk insan media. “Terima kasih kepada Astra dan RS Pusat Pertamina sudah menunjukkan kepedulian yang tinggi. Semoga menjadi contoh untuk perusahaan-perusahaan yang lain,” kata Agus.

Dalam pelaksanaan tes swab PCR ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), dan Forum Pemred berperan dalam mengoordinir peserta tes dari anggota masing-masing.

Dua anggota Dewan Pers, Jamalul Insan dan Asep Setiawan ikut serta dalam tes Swab PCR di tengah-tengah peserta dari insan media yang didampingi koordinator masing-masing.

Pengurus Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Slamet Mulyadi dan Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat PWI Pusat Mohammad Nasir serta Sekretaris PWI Peduli Elly Pujianti, juga hadir mendampingi para peserta dari insan media.

Agus Widyandoko Susetyo dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) selaku koordinator pelaksanaan tes Swab PCR menghadirkan sejumlah tenaga profesional, termasuk seorang dokter dalam pelaksanaan tes tersebut.

Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto menyambut baik kegiatan tes swab PCR untuk insan media. “Sebagai bagian dari upaya mendukung pemerintah dan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, Astra mendukung inisiatif Dewan Pers membantu meringankan beban para insan media. Dukungan ini merupakan wujud kepedulian Astra terhadap insan media agar terhindar dari COVID-19, mengingat insan media terus berjuang di garda terdepan dalam mewartakan kabar terkini kepada masyarakat. Hingga saat ini, Astra telah menyerahkan bantuan hingga tahap keempat untuk memutus penyebaran COVID-19 di seluruh Indonesia,” ujar Boy.

Dr. Syamsul Bahri, MPH, Direktur RS Pusat Pertamina menambahkan, pada masa pandemi COVID-19 saat ini, hal yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan (preventif) dengan melakukan skrining atas orang-orang yang mempunyai risiko tertular COVID-19. Untuk itu, RS Pusat Pertamina telah menyiapkan fasilitas pemeriksaan PCR untuk diagnostic serta penyiapan fasilitas Perawatan Khusus pasien COVID-19 di Simprug.

“Khusus untuk pekerja media termasuk teman-teman wartawan yang merupakan profesi yang rentan dengan faktor risiko tertular, kita juga melaksanakan pemeriksaan swab PCR . Hal ini dapat terlaksana atas dukungan penuh Dewan Pers serta Astra,” ujar Dr. Syamsul Bahri, MPH-Direktur RSPP.(rel/dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini