-->
    |
Follow Us :

Tambah Anggaran Diseminasi Informasi Covid-19, SMSI Sumut Apresiasi Gubsu

Kali Dibaca



Ketua SMSI Sumut Ir Zulfikar Tanjung
Mediaapakabar.com- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut menyampaikan apresiasi atas kebijakan Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu H Musa Rajekshah yang mengimplementasikan usulan tiga organisasi besar konstituen Dewan Pers.

"Kami bangga Bapak Gubsu dan Wagubsu merespon konkrit usulan agar sosialiasi dan diseminasi informasi Covid-19 di Sumut ditambah dan lebih digencarkan," ujar Ketua SMSI Sumut Ir Zulfikar Tanjung di Kantor Gubsu di Medan, Kamis (13/8).

Didampingi Wakil Ketua H Agus S Lubis, Sekretaris Erris J Napitupulu dan Bendahara Irma Yuni, Tanjung menyampaikan respon Gubsu dimaksud tergambar dari bertambahnya kegiatan diseminasi informasi Covid-19 melibatkan media massa.

"Informasi yang kami terima anggaran diseminasi informasi tahap 2 GTPP Covid-19 Sumut meningkat signifikan dari sebelumnya hanya Rp 1 miliar lebih menjadi sekitar Rp 3 miliar. Berarti akan banyak program yang bisa dilakukan di tahap 2," ujar Tanjung.

Mengingat perkembangan pandemi masih belum reda sementara tatanan kehidupan baru (new normal) masih banyak tantangan, Tanjung menilai anggaran Rp 3 miliar masih relatif kecil untuk kegiatan sosialisasi karakter dan budaya baru masyarakat, sehingga ke depan perlu ditambah lagi.

Meski begitu, lanjutnya, dengan komitmen bersama antara Gubsu dan Wagubsu melalui Plt Kadis Kominfo Sumut H Irman dan media massa, maka anggaran tersebut diyakini dapat dioptimalkan tepat guna dan tepat sasaran.

"Oleh sebab itu SMSI menyatakan terima kasih kepada Gubsu dan Wagubsu serta berharap agar Plt Kadis Kominfo Sumut Bapak Irman dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik," ujarnya.

Tanjung membenarkan atas gagasan Ketua PWI Sumut H Hermansyah dan Ketua SPS Sumut H Farianda bersama sejumlah Pemred dan dihadiri langsung Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung berlangsung pertemuan dengan Gubsu pada 12 Mei 2020 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, PWI Sumut, SPS Sumut dan SMSI Sumut menyatakan sikap siap membantu Pemprovsu dalam diseminasi informasi khususnya sosialisasi penanggulangan Covid-19 di GTPP Sumut.

Dalam kesempatan ini, baik PWI, SPS maupun SMSI dengan argumentasi masing-masing mengusulkan agar kegiatan diseminasi informasi lebih digencarkan dengan melibatkan media massa, baik cetak, elektronik maupun online atau siber.

Penambahan anggaran desiminasi informasi melalui media massa memiliki efek ganda, kata Zul, di satu menyuarakan kepentingan pemerintah dan di sisi lain membantu secara legal keuangan media yang terdampak dan merasa kesulitan bertahan di tengah pandemi Covid-19, termasuk media di Sumatera Utara.

“Media memiliki peran strategis dan penting, khususnya pers Sumut yang sudah memiliki historis panjang. Namun media saat ini menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Atas dasar itu dalam pertemuan ini tersimpul usulan diseminasi informasi saling menguntungkan diantaranya kerjasama dalam penyebaran dan sosialisasi informasi khususnya yang berkaitan dengan Covid-19.

Gubsu Edy Rahmayadi saat itu sepakat bahwa dalam perjalanannya pers memiliki peran penting dan strategis dalam membangun bangsa. Sebagai pilar keempat demokrasi, pers harus diselamatkan agar bisa bertahan di tengah pandemi ini.

“Saat itu Bapak Gubsu menyatakan selama tidak menyalahi aturan maka tak ada salahnya kita bicarakan hal ini bersama. Setelah melalui beberapa pembahasan, Alhamsulillah usul ini direspon konkrit oleh Gubsu, tergambar dari bertambahnya kegiatan sosialisaai yang ditandai penambahan anggaran signifikan," ujar Tanjung. ( dn)
Komentar

Berita Terkini