-->
    |
Follow Us :

Siap-siap, Pemerintah Cari UMKM Calon Penerima BLT Rp 2,4 Juta

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-Pemerintah berencana akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 2,4 juta ke pelaku UMKM.

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan, program bantuan ini masih belum bisa dijalankan lantaran pemerintah masih dalam tahap pengumpulan data.

"Program ini masih belum bisa dijalankan karena masih harus mengumpulkan data. Otomatis karena ini belum tercatat resmi dan formal, datanya kurang lengkap dan kami masih mencari UMKM mana yang belum mendapatkan akses perbankan untuk bisa diberikan bantuan," ujarnya dalam Webinar Gotong-royong #JagaUMKM Indonesia yang disiarkan secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Budi juga mengakui memang program ini masih dalam tahap proses. Pemerintah kata dia, akan hati-hati memilih UMKM yang layak mendapatkan bantuan tersebut pada Agustus 2020.

Tak hanya itu, pihaknya pun sampai meminta data dari penyedia pinjaman online untuk mendata UMKM mana saja yang layak mendapatkan bantuan.

"Kami akan koordinasi terus dengan beberapa penyedia pinjaman online seperti peer to peer lending yang memberikan pinjaman ke UMKM. Kami lihat dia memiliki data lengkap juga," katanya.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan bantuan uang tunai ini diberikan agar pelaku UMKM yang terkena pandemi bisa mengakses pembiayaan modal kerja agar bisa kembali menjalankan aktivitasnya.

"Dana ini diberikan untuk membantu mereka di tengah pandemi Covid-19 agar bisa mengakses pembiayaan untuk modal kerja mereka, sehingga mereka bisa beraktivitas kembali," ucap dia.
Dia pun menambahkan adapun program ini akan dimulai dari pertengahan Agustus 2020. 

Sumber : kompas.com
Komentar

Berita Terkini