-->
    |
Follow Us :

Mantap! Sambil Bantu kaum Dhuafa, KSJ Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Pendisiplinan Masyarakat

Kali Dibaca


Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis didampingi pengurus KSJ salurkan bantuan kepada kaum dhuafa
Mediaapakabar.com-Komunitas Sedekah Jumat ( KSJ ) merupakan organisasi sosial disetiap jumat yang aktif melindungi masyarakat dari pandemi covid 19 di Sumut.

Pengurusnya secara bijak mensosialisasikan adaptasi kehidupan baru dan menggerakkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokoler kesehatan serta membantu kaum duafa dan anak yatim atau yatim piatu dengan sembako atau sejenisnya.

Menurut Syaiful Syafri mantan Kadis Sosial Sumut sesuai Peraturan Menteri Sosial RI No 184 tahun 2011 Komunitas Sedekah Jumat ( KSJ ) merupakan Lembaga Kesejahteraan Sosial atau Organisasi Sosial yang ditetapkan dengan badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM No. AHU/0015990.AH.01.04 Tahun 2019 tertanggal 30 Oktober 2019.

KSJ didirikan oleh tokoh masyarakat dari Medan Utara Saharuddin bersama sejumlah sahabat diantaranya Agus Leo, Amsaluddin, Iwan Sahputra, dan lainya karena ter inspirasi dari sosok anggota Polri AKBP Ikhwan Lubis SH, MH yang memberi sedekah disetiap hari jumat kepada kaum duafa dan anak yatim atau yatim piatu.

Sebagai Organisasi Sosial KSJ telah membentuk kepengurusan di tingkat Pusat, Propinsi, 10 Kabupaten dan Kota serta Kecamatan nya dengan fungsi disetiap jumat melakukan pelayanan sosial bagi kaum duafa ( masyarakat miskin ) keterlantaran anak ( anak yatim dan yatim piatu ), lanjut usia dan penyandang disabilitas dengan bantuan sembako atau sejenis nya bantuan kursi roda, pelayanan kesehatan termasuk rehabilitasi rumah tidak layak huni.

KSJ sebagai Organisasi Sosial didalamnya duduk unsur praktisi, unsur Ulama, Ilmuan dan juga telah berdiri Kartini KSJ yang di motori Ny Romauly br Silalahi serta barisan pelajar dan mahasiswa.

Syaiful Syafri menjelaskan bahwa ditengah pandemi covid 19 sejak Maret hingga awal Agustus ini KSJ telah mampu membantu masyarakat berdampak sosial dan ekonomi serta ikut sosiali sasi dan melakukan perlindungan masyarakat dengan menyalurkan 4090 sembako, 6200 masker , 6000 hand sanitazer, 1000 liter des inspektan dan khusus di juni sd juli tiga warung sedekah setiap harinya dihadiri 630 pengunjung.

Organisasi Sosial KSJ ini sejak berdiri hingga menanti perayaan di hari ulang tahun nya selalu mendapat apresiasi dari jajaran Polda Sumatera Utara, Polres dan Polsek serta menjadi  organisasi yang membiayai secara mandiri dengan sumber keuangan dari unsur donatur tetap,  disamping adanya gerakan menabung 10.000 dari barisan pelajar dan mahasiswa setiap bulan nya.

 Selamat dan sukses para pengurus KSJ dan inovasi mendirikan koperasi serta UMKM yang sedang dibangun segera terwujud.(dn)


.
Komentar

Berita Terkini