Kawasan Danau Toba Miliki Potensi Budidaya Udang Lobster

admin
Senin, 31 Agustus 2020 - 15:43
kali dibaca

Mediaapakabar.com - Ketua Komisi B DPRD Sumut Viktor Silaen mengatakan Kawasan Danau Toba diyakini memiliki potensi besar dalam budidaya perikananan air tawar, khususnya udang lobster.

" Jika potensi itu dimaksimalkan, kawasan Danau Toba akan mampu menjadi penopang produksi lobster air tawar di Sumatera Utara," katanya saat mengunjungi nelayan lobster di Kawasan Danau Toba, Samosir bersama Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumatera Utara padaMinggu (30/08/20).

Menurutnya, para stakeholder khususnya kelompok pemuda harus berperan dalam memberikan dukungan maksimal dalam pengembangan budidaya lobster di kawasan Danau Toba sehingga dapat menumbuhkan perekonomian rakyat kecil secara khusus petani atau nelayan kecil di kawasan Danau Toba.

" Lobster air tawar di Danau Toba memiliki kualitas yang luar biasa, jika dikelola dengan serius akan menjadi komuditas perikanan unggulan di Sumatera Utara," jelasnya.

Dirinya yang juga Bendahara Partai Golkar Sumatera Utara meyakini bahwa budidaya lobster dikawasan Danau Toba akan menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi.

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Dapil Sumut 9 itu juga melihat bahwa luas lahan dikawasan Danau Toba untuk menjadi pusat pengembangan lobster air tawar di Sumatera Utara lebih dari cukup.

Banyaknya lahan yang tersedia untuk pengembangan budidaya lobster air tawar dikawasan Danau Toba merupakan potensi yang cerah dimasa mendatang.

" Pemerintah provinsi harus bisa berkolaborasi dengan pemerintah pusat agar potensi lobster air tawar dikawasan Danau Toba menjadi sektor unggulan khususnya dibidang perikanan," paparnya.

Ketua KNPI Provinsi Sumatera Utara Samsir Pohan menyampaikan bahwa KNPI akan turut bersinergi dalam mendorong dan memaksimalkan potensi lobster di danau toba.

" Kawasan Danau Toba memiliki potensi yang luar biasa dan akan menjadi salah satu program kerja utama KNPI Sumut kedepan baik potensi pariwisata maupun potensi perikanan dikawasan Danau Toba,"  urainya.

Ia juga mengajak seluruh komponen pemuda di Sumatera Utara untuk ikut berperan dan berkolaborasi dalam membangun dan mendukung pemerintah dikawasan Danau Toba.

" Potensi perikanan dan pariwisata dikawasan Danau Toba jika dikembangkan dengan serius akan menjadi sektor unggulan yang mampu menyokong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara," tukasnya. (zih)
Share:
Komentar

Berita Terkini