-->
    |
Follow Us :

Gunung Sinabung Kembali Erupsi , Ketinggian Kolom Abu 2000 Meter Diatas Puncak

Kali Dibaca


Mediaapakabar.com- Gunung Sinabung kembali erupsi , Sabtu (08/08/2020) sekitar pukul 01.48 wib dan membuat warga panik terlebih lebih di seputaran kaki Gunung Sinabung .


Hal tersebut dibenarkan petugas di Pos Pengamatan Gunung Sinabung di Jalan Kiras Bangun atau Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo di grup Sinabung .

Salah satau mewakili petugas di pos pengamatan Gunung Sinabung yang bernama Armen Putra ketika memposting di akun Fb nya ,Sabtu (08/08/2020) sekitar pukul 08.30 wib mengatakan "  terjadi erupsi Gunug Sinabung di Sumatera Utara pada tanggal 08 Agustus 2020 pukul 01:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna keabuan hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 1 jam  44 detik.



Babinsa Kodim 0205/TK saat menyorong mobil warga saat terjebak di abu vulkanik

Saat ini G. Sinabung berada pada Status  Level III (Siaga) dengan rekomendasi . 
1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

3.Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar " tulis Armen Putra. 

Di tempat terpisah Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Taufik Rizal yang di wakili Kasdim Mayor Inf D Marpaung selaku Dansatgas Gunung Sinabung ketika melihat langsung ke lokasi kaki Sinabung tepatnya di Tiga Kicat Desa Sukandebi Kecamatan Namantran Kabupaten Karo  kepada awak media membenarkan perisitiwa itu. 

"Betul dini hari tadi telah terjadi erupsi Gunung Sinabung dengan ketinggian kurang lebih 2000 meter dan arah angin condong ketimur , saya mewakili Dandim menghimbau kepada masyakarat agar tetap waspada dan jangan mendekat ke zona merah , pakai masker jika keluar rumah.  Selanjutnya kita akan kordinasi dengan BPBD dan Petugas Pusar Vulkanologi untuk mengambil langkah selanjunya " ucap Kasdim Mayor Inf D Marpaung.  ( SS )
Komentar

Berita Terkini