-->
    |
Follow Us :

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 5 Km

Kali Dibaca




ERUPSI : Gunung Sinabung erupsi lagi sekian kalinya, Senin (10/8/2020) pada pukul 10.30 WIB. Gunung Sinabung erupsi sangat terlihat di Kota Kabanjahe. (Foto:SS)

Mediaapakabar.com- Untuk yang kesekian kalinya, Gunung Sinabung erupsi lagi dan saat ini masih menunjukkan aktivitasnya.

" Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung pada pukul 10:16 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 5000 Meter (5 Km) di atas puncak ± 7460 m di atas permukaan laut.Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah Timur dan Tenggara"ungkap salah seorang petugas Gunung Sinabung di Kecamatan Simpang Empat, Armen Putra melalui telephone selulernya, Senin (10/8/2020).

Menurutnya,saat ini Gunung Sinabung berada pada Status  Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Ia menambahkan jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Dan masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Pantauan wartawan di lokasi,  akibat dampak erupsi Sinabung itu sejumlah desa terpapar abu Vulkanik.

Disamping itu menyebabkan lahan pertanian terkena terpapar debu erupsi Sinabung yang  mengakibatkan kerugiaan bagi petani di daerah itu, mengingat sejumlah tanaman hortikultura memasuki masa panen.

Berdasarkan catatan wartawan dalam beberapa hari ini mulai Sabtu- Senin (8-10/8/2020) sudah tiga kali Gunung Sinabung erupsi. (SS)



Komentar

Berita Terkini