BPS Sumut Laksanakan Kick Off Sensus Penduduk 2020

Media Apakabar.com
Senin, 31 Agustus 2020 - 18:35
kali dibaca
Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi pada saat memberikan keterangan kepada awak media di Medan

Mediaapakabar.com-Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan Kick-Off Sensus Penduduk 2020 secara serentak dengan door to door wawancara ke pada masyarakat Indonesia, karena masih banyak yang masih belum tercatat dalam sensus dan diharapkan masyarakat memberitakan data yang diminta karena SP 2020 “Mencatat Indonesia”.

Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi menjelaskan pada acara Kick-Off Sensus Penduduk Indonesia 2020 yang digelar secara nasional melalui live streaming Senin (31/8/2020). Acara virtual nasional itu dibuka Kepala BPS Suharyanto.

Syech menambahkan, sensus Penduduk dimulai pada bulan Pebruari hingga Mei 2020 yang dilaksanakan secara online dan pada 1-31 Juli 2020 SP secara wawancara.

“Di tengah perjalanan SP2020 ini kita berhadapan dengan badai pandemik Covid-19 yang tak hanya melanda Indonesia saja namun seluruh belahan dunia. Semoga Yang Maha Kuasa selalu menjaga kita dan menganugerahkan kesehatan kepada kita semua,” ujar Syech.

Syech mengatakan hasil Sensus Penduduk Online 2020, dimana telah tercatat sebanyak 2,34 juta penduduk Sumatera Utara atau sekitar 15,84 persen dari proyeksi jumlah penduduk Sumatera Utara tahun 2020.

“Hasil ini adalah hasil kerja kita bersama, tidak hanya milik BPS namun juga atas kontribusi para stakeholder dan tim media yang juga turut hadir disini,” jelasnya.

Syech menyebutkan pada Sensus Penduduk 2020 tidak usai sampai disini. Namun masih ada serangkaian kegiatan yang akan kita hadapi bersama-sama.

"Masih ada sekitar lebih 84 persen penduduk Sumatera Utara yang belum tercatat pada Sensus Penduduk 2020 Online dan harus dicatat pada Sensus Penduduk September 2020 mendatang," kata Syech.

Dan jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat mobiltas penduduk yang pasti terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Kemudian Kabid Statistik Sosial BPS Sumut Mukhamad Mukhanif menambahkan untuk SP September 2020 ini ada pengurangan petugas dari 19.041 orang jadi 9.133 orang di Sumut karena masa pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, petugas ketat mengikuti protokol kesehatan yakni dirapid test, pakai APD lengkap, jaga jarak. Untuk pelatihan petugas juga jarak jauh via zoom dan pembelajarannya secara mandiri.(abi)

Share:
Komentar

Berita Terkini