-->
    |
Follow Us :

5 Vitamin Ini Bisa Meredakan Nyeri Sendi

Kali Dibaca




Ilustrasi Nyeri Sendi
Mediaapakabar.com-Kondisi nyeri sendi yang tergolong ringan pada umumnya dapat hilang dengan sendirinya. Karena itulah, daripada buru-buru mengonsumsi obat, ada baiknya Anda makan vitamin untuk mengatasi nyeri sendi.

Ya, faktanya, ada beberapa vitamin diketahui memang bisa membantu mengobati nyeri sendi.
Apa saja vitamin yang dimaksud? Berikut ada beberapa vitamin untuk mengatasi nyeri sendi:

1. Glukosamin
Perlu Anda tahu glukosamin adalah salah satu zat penting dari tulang rawan. Apa tugas dari glukosamin?

Nah, zat yang terbentuk alami ini sebenarnya berfungsi menghalangi terjadinya pergesekan antara satu bagian tulang dan bagian lainnya.

Bila pergeseran tulang terjadi, tentunya akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa dan bisa menyebabkan pembengkakan.

Zat penting yang berada di tulang rawan ini juga bisa membantu pencegahan kerusakan tulang yang masih ada hubungannya dengan masalah kesehatan artritis.

Soal ini, dr. Devia Irine Putri juga sepakat. Ia menyebut glukosamin dapat membantu meredakan peradangan, sehingga dapat mengurangi sakit pada sendi.

Umumnya, dalam suplemen atau vitamin terdapat dua jenis glukosamin, yakni glukosamin hidroklorida dan glukosamin sulfat.

Namun, jenis glukosamin hidroklorida tak berfungsi untuk mengurangi nyeri sendi karena akibat osteoartritis. Ada baiknya, Anda yang mengalami masalah sendi tersebut memilih suplemen yang mengandung glukosamin sulfat.

Glukosamin sulfat juga bisa memperlambat osteoartritis. Apalagi bila Anda mengonsumsinya sekitar tiga tahun.

2. Kondroitin
Kondroitin merupakan salah satu komponen yang menyusun tulang rawan. Tugasnya adalah mengurangi risiko kerusakan tulang rawan karena osteoartritis.

Bahkan zat ini dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan tulang akibat penyakit tersebut.

Kalau Anda mengonsumsinya jangka panjang hingga mencapai dua tahun, kondroitin sulfat dapat memperlambat berkembangnya penyempitan sendi.

Dalam vitamin atau suplemen sendi, biasanya produsen akan gabungkan kandungan glukosamin dan kondriitin.

3. SAMe
S-adenosyl-L-methionine (SAMe) adalah suplemen yang biasa digunakan untuk membantu gejala depresi dan osteoartritis. Hati Anda secara alami bisa menghasilkan SAMe dari asam amino yang disebut metionin.

Senyawa ini memiliki beberapa fungsi, termasuk membantu produksi dan memperbaiki tulang rawan. Jika dikonsumsi sebagai suplemen, SAMe dapat membantu meringankan gejala nyeri sendi yang disebabkan osteoartritis.

4. Kurkumin
Kurkumin di dalam kunyit sudah populer untuk mengobati nyeri, termasuk nyeri sendi akibat osteoarthritis. Seperti diketahui, kurkumin memiliki efek anti-inflamasi.

5. Omega-3
Omega-3 juga disarankan oleh dr. Devia Irine sebagai salah satu senyawa untuk meredakan nyeri sendi. Anda bisa mendapatkannya di dalam suplemen yang banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, kalau Anda mau yang lebih alami, cobalah ikan tuna atau salmon.

Omega-3 memiliki kandungan docosahexaenoic acid dan eicosapentaenoic acid, yang memiliki efek anti-inflamasi.

Anjuran Konsumsi Vitamin untuk Persendian
Pada dasarnya, jika asupan harian Anda sudah lengkap dan seimbang, multivitamin dan suplemen di atas tidak terlalu dibutuhkan.

Namun, jika nutrisi harian tidak maksimal, dr. Devia Irine menyarankan Anda untuk menambahkan konsumsi vitamin D atau omega 3.

Selain memperhatikan asupan, untuk mencegah nyeri sendi datang kembali, Anda juga melakukan:

Menjaga berat badan tetap stabil
Olahraga secara teratur, tapi jangan berlebihan
Konsumsi makanan yang kaya akan omega-3, kalsium, vitamin D, misalnya produk susu, ikan, kacang-kacangan.


Sumber :Klikdokter.com
Komentar

Berita Terkini