Perjuangkan Ketahanan Pangan, Bupati Taput Kembali Tabur 3.000 Benih Ikan di Kolam Masyarakat

Media Apakabar.com
Rabu, 01 Juli 2020 - 20:36
kali dibaca

Mediaapakabar.com- Bupati Nikson Nababan didamping Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Longgos Pandiangan dan beberapa pimpinan OPD serta Camat Adiankoting Junjungan Silaban kembali menabur benih ikan mas dan ikan nila sebanyak 3.000 ekor di kolam kelompok tani Satahi Saoloan Desa Dolok Nauli Kecamatan Adiankoting, pada Rabu sore (01/07).

Dilokasi sekitar1,5 hektar dengan 12 kolam ikan tersebut, Bupati juga memberikan bantuan pakan ikan sebanyak 2 sak kepada kelompok tani.

“Kita harus semangat terus untuk melewati musibah yang melanda kita saat ini, apabila corona ini berkepanjangan minimal masyarakat Tapanuli Utara tidak akan kelaparan, kita siapkan ketahanan pangan kita. Kiata telah programkan pengadaan ternak dan bibit ikan, mudah-mudahan mencukupi kebutuhan masyarakat. Salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut harus terlebih dahulu mempersiapkan kandang ataupun kolam,” awal arahan Bupati.

Bupati mengajak agar masyarakat semakin bergairah dalam beternak dan budidaya ikan air tawar. “Kita sudah surplus padi dan tanaman hortikultura, namun untuk daging, telur dan ikan kita masuk memasok dari luar Taput. Untuk mendukung swasembada daging dan ikan tersebut kita targetkan agar secepatnya memiliki pabrik pakan ternak/ikan sehingga biaya produksi peternakan akan lebih murah.”

Bupati juga memberikan gambaran agar masyarakat semakin gigih berupaya sehingga bisa mandiri dan berdikari pada masa covid-19 dan juga menjelaskan arah pembangunan kedepannya termasuk beberapa pembangunan yang tertunda akibat refocusing dan relokasi anggaran serta memastikan bahwa pembangunan tidak hanya terpusat di Tarutung dan Siborong-borong.

“Pembangunan di Tapanuli Utara kita terapkan dan dilaksanakan berdasarkan dengan data yang detail, saya tetap berupaya agar kerjaan semakin baik termasuk menyelesaikan target pembangunan yang belum tercapai,” akhir arahan Bupati.

“Kami sangat merasa sangat bahagia atas berbagai kunjungan dan perhatian Bapak Bupati ke daerah kami ini, beberapa bulan lalu Bapak meresmikan jembatan dan sekarang sudah turun lagi untuk memberikan bantuan bibit ikan. Semoga Bapak Bupati semakin diberikan anugerah dan panjang umur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap Parlindungan Lumbantobing perwakilan kelompok tani.

Kepala Desa Dolok Nauli juga mengucapkan terimakasih atas respon cepat dari Bapak Bupati Nikson Nababan atas mendukung upaya budidaya ikan tawar di desanya. “Kami yakin Bapak akan selalu memperhatikan pembangunan hingga pelosok desa di Tapanuli Utara,” ucap Kades Sinaga.(ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini