Keren, Jokowi Berencana Bangun 10 Kawasan Metropolitan, Ini Kawasannya

armen
Sabtu, 04 Juli 2020 - 09:23
kali dibaca





Mediaapakabar.com- Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengembangkan 10 kawasan metropolitan di Indonesia. 

"Harapan Pak Presiden adalah pengembangan 10 kota baru. Ini adalah the next harapan Pak Presiden ini adalah merevitalisasi 10 kawasan metropolitan," kata Airlangga dalam webinar yang  bertajuk pemulihan ekonomi Indonesia, Jumat (3/7/2020) malam.

Dia menyebut, 10 kawasan metropolitan yang akan direvitalisasi antara lain Jabodetabek dengan tema Smart & Resilient, Bandung dengan tema Digital Creative, Surabaya dengan tema Green Mixed Rise. Kemudian, Semarang dengan tema Cultural & Compact, dan Mebidangro (Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Karo) dengan tema Urban-Rural Linkage.

Selanjutnya, ada Patung Agung dengan tema Production & Distribution Hub, Banjar Bakula dengan tema Urban & Agriculture, Sarbagita dengan tema International Tourism, Mamminasata dengan tema Urban Seafront, dan Manado dengan tema Fisheries Industry.

Program ini diharapkan dapat membangkitkan perekonomian setelah terpukul akibat COVID-19. Untuk melancarkan rencana tersebut membutuhkan dana Rp 1.400 triliun.

"Program ini diharapkan bisa jadi pengungkit dari perekonomian sehingga dengan infrastruktur mendorong perkotaan ini, urban development ini diharapkan juga ada tambahan Rp 1.400 triliun dana yang diperlukan," terang Airlangga.


Sumber; Detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini