Bupati Asahan Buka Puasa Arafah Bareng Forkopimda

Media Apakabar.com
Kamis, 30 Juli 2020 - 20:02
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Asahan bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar buka puasa Arafah bersama dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Kamis malam (30/7/2020) bertempat di rumah dinas Bupati Asahan.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Asahan  H.Surya, mengatakan bahwa  sebagai umat beragama Islam di Kabupaten Asahan hendaknya marilah kita dapat memaknai Hari Raya Idul Adha ini, tidak hanya sebatas perayaan tahunan belaka. Akan tetapi pada hakikatnya, kita dapat mengambil filosofis yang lebih dan perlu kita gali tentang makna yang terkandung dibalik Hari Raya ini.

Makna yang terkandung dalam Hari Raya Idul Adha ada 4 peristiwa  penting diantaranya Ibadah Haji, puasa Arafah, Sholat Idul Adha dan Ibadah Qurban.

Oleh karena itu mari Kita maknai semua ibadah tersebut terdapat nilai-nilai sosial kemanusiaan, karena semuanya mengajarkan kita agar dapat mencintai sesama, saling menolong, saling memberi, dan persamaan derajat.

Sehingga muaranya akan dapat mengokohkan semangat untuk hidup rukun berdampingan dengan sesama. Disamping itu pula ada suatu sejarah yang dapat kita ambil hikmahnya dan kita jadikan pelajaran untuk memberikan suatu pesan  agar kita semua dapat membersihkan hati dan jiwa dari nafsu-nafsu hewani yang seringkali melekat pada diri manusia.

"Kecintaan kita terhadap atribut-atribut duniawi tidak boleh mengaburkan kecintaan kita kepada Allah SWT. Bahkan kita semuanya diharapkan mau mengorbankan apa yang kita miliki dan  apa yang kita cintai selama ini demi kepentingan umat, bangsa dan negara," ujar Bupati H.Surya.

Terakhir atas nama Pribadi dan Pemerintah Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H.Surya mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1441 H. Semoga perayaan ini dapat menjadi spirit dan nilai-nilai yang positif untuk menjadikan diri kita lebih baik di sisi Allah SWT.

Sementara itu  Al-ustad H. Ahmad Qosim Marpaung  dalam tausiyahnya mengajak yang hadir  untuk dapat saling berbuat baik kepada sesama dan meninggalkan segala sifat-sifat buruk yang dapat merugikan orang lain.

"Semoga ibadah qurban yang Kita lakukan pada Hari Raya Idul Adha 1441 H ini dapat diterima oleh Allah SWT" ujar ustad.

Dalam kesempatan itu Bupati Asahan H Surya turut memberikan kupon qurban kepada para ustadz se-Kabupaten Asahan yang diserahkan secara simbolis kepada Kakankemenag Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua NU Kabupaten Asahan, Ketua Al Washliyah Kabupaten Asahan dan Ketua Muhammadiyah Kabupaten Asahan.

Terlihat hadir Bupati Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kapolres Asahan, Ketua MUI Asahan, Ketua Imtaq Asahan, para OPD, para Ustadz dan tokoh masyarakat, tokoh agama.(Ed/dp)
Share:
Komentar

Berita Terkini