Viral di Medsos ! Pria di Bogor Divonis Tak Boleh Makan Mi Instan Seumur Hidup

armen
Rabu, 24 Juni 2020 - 12:57
kali dibaca



Benarkah mi instan bisa memicu kanker? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Crazybboy)
Mediaapakabar.com-Radang kerongkongan yang dialaminya dikhawatirkan berkembang jadi kanker, seorang pria di Bogor mengaku divonis dokter tidak bisa lagi makan mi instan seumur hidupnya. 

Pria berinisial T ini punya kebiasaan makan mi instan sejak 2008, saat masih kuliah di Jakarta. Dalam sepekan,T sanggup menghabiskan setengah kardus mi instan baik goreng maupun kuah.

"Bahkan, rekor yang pernah gue alami adalah tiga kardus dalam waktu tiga minggu," tulis T di akun Facebook miliknya yang viral.

Hingga akhirnya pada 2012, T mulai membatasi diri hanya makan mi instan 1-2 kali dalam sepekan. Namun keputusan ini nampaknya sudah terlambat. Pada 2020, kerongkongan dan lambungnya panas seperti terbakar, disertai mintah darah sampai dua kali.

Pemeriksaan gastroskopi menunjukkan ada radang di kerongkongan dan tingkatannya mulai parah. Menurut T, sejak saat itu dokter melarangnya makan mi instan untuk selama-lamanya.

"Berhenti total makan mi sejak kena radang kerongkongan itu. Sejak dibilang sama dokter supaya berhenti, karena kalau diteruskan saya bisa kena kanker kerongkongan," katanya.

Benarkah mi instan saja bisa memicu kanker? Faktanya, hingga saat ini tidak ada larangan tegas untuk mengonsumsi mi instan sama sekali, meski memang tidak dianjurkan untuk menyantapnya secara berlebihan.

Dalam sebuah wawancara dengan detikcom, ahli radiologi dr Fielda Djuita, SpRad(K)Onk mengingatkan untuk tidak terlalu mudah menyimpulkan kaitan mi instan dengan kanker. Menurutnya, belum ada evidence atau bukti ilmiah yang cukup kuat untuk mendukung hal itu.

"Artinya harus diperiksa kira-kira 100 orang yang kanker saluran cerna, berapa yang makan mi instan. Baru dinilai korelasinya. Kalau tidak ini bisa disebut berita hoax. Jadi jangan ikut-ikutan membuat berita hoax," pesan dr Fielda.

Sumber :Detik.com


Share:
Komentar

Berita Terkini