-->
    |
Follow Us :

Ternyata, F-117 Nighthawk Juga Bisa Dogfight Lhoo

Kali Dibaca






Mediaapakabar.com-  veteran Michigan Air National Guard yaitu Major Robert “Robson” Donaldson tampil di acara radio internet Fighter Pilot Podcast milik mantan instruktur Top Gun Vincent “Jell-O” Aiello. Pada tanggal 13 Februari 2020 mengungkapkan,Bomber siluman legendaris punya Amerika Serikat, F-117 Nighthawk ternyata juga punya kemampuan duel dengan pesawat lain di udara atau Air to Air atau Dog Fight.

Dikutip dari the avionist, dalam episode 72 acara tersebut yang tertanggal 13 Februari 2020, Donaldson membahas pengalamannya menerbangkan pesawat stealth F-117 Nighthawk, sebelum dan saat ia berpartisipasi dalam Operation Desert Storm tahun 1991.Sebagai bomber, tentu banyak yang bertanya kenapa pesawat ini memakai huruf F yang berarti Fighter sedangkan dalam kedinasan US Air Force (AU Amerika) pesawat bomber itu memakai huruf kode B.

Nah Donaldson pun menjawab rasa penasaran penikmat dunia militer tersebut.

“Ya, peran utamanya adalah attack namun pesawat tersebut dapat membawa semua amunisi di inventori ketika mulai digunakan, dengan pengecualian misil Sparrow yang dipandu oleh radar sehingga kami dapat membawa rudal udara-ke-udara, kami dapat membawa rudal udara-ke-darat dan segalanya,” katanya. Jadi semua rudal untuk sasaran udara dan darat bisa dibawa pesawat ini.

Lalu untuk apa rudal udara ke udara itu. Ternyata F-117 dibuat dengan tujuan sekunder menyergap dan memburu pesawat AWACS Uni Soviet. Tujuan primernya ya jelas sebagai pengebom sasaran di darat.“peran sekunder kami adalah menembak jatuh pesawat AWACS Soviet. Jadi ya, kami tidak terlihat di radar mereka dan kami tidak mau mereka dapat mengendalikan ruang udara mereka jadi, bagaimanapun kami dapat mencegat pesawat AWACS Soviet di sisi pesawat kami tanpa mereka sadar, ” Kata Donaldson

(militermeter.com)
Komentar

Berita Terkini