Tanpa Memiliki Riwayat dan Gejala Warga Asahan,Tinggal di Medan Positif COVID-19

Media Apakabar.com
Kamis, 25 Juni 2020 - 18:25
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Tanpa memiliki riwayat dan gejala menderita COVID-19. Warga Asahan MAP bekerja dan tinggal di Medan (27 th) laki laki, warga Dusun II Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten  Asahan, Sumatera Utara positif terjangkit COVID-19 setelah menjalani uji SWAB yang dilakukan oleh pihak  RS Murni Teguh Medan.

Hal tersebut dikatakan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar, Kamis (25/6) kepada media di Kisaran. 

"Ya,sesuai data dan informasi yang diperoleh oleh tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Asahan. Warga Asahan MAP bekerja sebagai karyawan di PT AEP di Medan positif COVID-19" 

Dan  saat ini yang bersangkutan  MAP tidak dirawat dirumah sakit tetapi menjalani perawatan isolasi mandiri di rumahnya,terang Rahmat.

Menurut informasi yang Kami terima, MAP dan karyawan PT AEP pada 22 Juni 2020 MAP melakukan pemeriksaan swab yang  dilakukan atas kebijakan dari PT AEP. Semua karyawan wajib diperiksa, termasuk MAP  yang tidak  miliki atau mengalami gejala seperti batuk, demam dan sesak, (Orang Tanpa Gejala)

Namun hasil SWAB yang keluar pada 24 Juni 2020 dari RS Murni Teguh menujukkan pemeriksaan kesehatan atas nama MAP positif COVID-19 dan MAP.

Masih dikatakan Dayat, bahwa MAP  tidak tinggal di Dusun II  Air Genting Kecamatan Air Batu tetapi bertempat tinggal di Medan.

MAP sendiri terakhir bertemu dengan  pihak keluarganyaa pada 05 Juni 2020. Artinya masa 14 hari terakhir sudah terlewati dan MAP berada di Medan.

Selama berada di Medan MAP tidak ada melakukan perjalanan keluar kota, MAP hanya tinggal dirumah dan pergi ke kantor tempat ia bekerja di Medan.

Karena epidemiologi penularan kasus tidak memenuhi masa inkubasi virus, maka tidak dilakukan pelacakan kontak erat. Akan tetapi tetap dianjurkan isolasi mandiri dan tim Surveilans Dinas Kesehatan Asahan bersama pihak Puskesmas Hessa Air Genting saat ini tetap memantau perkembangan kesehatan keluarga MAP dan lainnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabuoaten Asahan H.Surya melalui juru bicaranya mengimbau agar masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penanganan Covid 19.

Gunakan selalu masker, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), hindari Kerumunan, tetap jaga Imun tubuh dengan berolah raga serta terapkan Pola Hidup Bersih dan  Sehat sebut jubir Dayat.


Sementara data terbaru Covid-19 di Asahan yang dikeluarkan Gugus Tugas menjadi 14  orang, 9 orang dalam perawatan, 3 Orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia.(Ed/Dp)
Share:
Komentar

Berita Terkini