Solusi Bagi Penumpang Pesawat, Perdospi Usul Rapid Test Antigen

armen
Senin, 08 Juni 2020 - 09:41
kali dibaca
ilutrasi 

Mediaapakabar.com- Rapid test antigen covid-19 di rekomendasikan Perhimpunan Dokter Spesialis Penerbangan Indonesia (Perdospi)  sebagai solusi biaya terjangkau untuk calon penumpang pesawat. Tidak disebutkan perbandingannya dengan tes PCR, namun dokter-dokter tersebut sepakat rapid test antigen lebih murah dan cukup efektif.

Diketahui sebelumnya masyarakat calon penumpang pesawat, termasuk perusahaan maskapai, mengeluhkan syarat PCR yang dinilai mahal sehingga tidak dapat dipenuhi calon penumpang. Bahkan Lion Air Group memutuskan menyetop penerbangan.

"Secara umum, skrining mandiri yang cukup efektif dengan biaya lebih terjangkau seperti rapid test antigen covid-19 hendaknya dapat dikedepankan," ujar Ketua Perdospi Wawan Mulyawan dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (8/6).


Selain itu, ia menyarankan pemerintah pusat menjadi pengendali utama pengawasan kekarantinaan kesehatan dan kebijakan skrining kesehatan calon penumpang pesawat. Menurut dia, tidak boleh ada penafsiran berbeda di lapangan akibat kebijakan pemda.

Wawan juga menyarankan pemeriksaan dokumen screening kesehatan calon penumpang diselesaikan di luar proses check in atau lebih baik lagi di luar bandara. Caranya, dengan memaksimalkan teknologi informasi, sehingga bisa mengurangi kerumunan di bandara.

"Physical distancing di bandara tetap direkomendasikan untuk dilaksanakan dalam era new normal ini," jelasnya.

Perdospi turut menyarankan calon penumpang menggunakan masker bedah (surgical mask) tiga lapis (3 ply) dibandingkan masker kain. Sebab, masker kain cenderung sulit diukur standar kesehatannya.

Menariknya, Perdospi tidak merekomendasikan maskapai mengurangi kapasitas kursi penumpang. Sebab, mereka menilai ini bukan satu satunya cara mengurangi penularan covid-19.

Sumber :CNNIndonesia.com
Share:
Komentar

Berita Terkini