-->
    |
Follow Us :

Soal Lomba Video New Normal Rp 168 M, PPP: Baiknya untuk Daerah Butuh Bantuan

Kali Dibaca


Wakil Ketua Komisi II Arwani Thomafi (Foto: Tsarina Maharani-detikcom)
Mediaapakabar.com-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengkriktik lomba video inovasi yang diadakan Kemendagri dalam menghadapi tatanan kenormalan baru (new normal) untuk pemerintah daerah dengan hadiah total 168 miliar rupiah. 

PPP menilai seharusnya dana sebesar itu dialokasikan untuk daerah yang sangat membutuhkan bantuan.

"Dana Inovasi Daerah (DID) baiknya diperuntukkan kepada daerah yang benar-benar membutuhkan bantuan fiskal dari pemerintah pusat melalui instrumen APBN," kata Wakil Ketua Komisi II Fraksi PPP Arwani Thomafi kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Dia mengatakan lomba tersebut sudah menjadi kewajaran jika mendapat kritikan. Pasalnya,  kritikan tersebut tidak terlepas dari kondisi pandemi Corona yang berdampak pada perekonomian.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar lomba video inovasi dalam menghadapi tatanan kenormalan baru (new normal) untuk pemerintah daerah. Total 168 miliar rupiah akan diberikan kepada 84 daerah yang mampu menampilkan video kreatifitas yang memuat penerapan protokol kesehatan.

"Semua Pemda bebas untuk ikut dalam lomba dalam sektor yang dipertandingkan bahkan boleh mengirim video di semua 7 sektor tersebut. Untuk membuat video tersebut tentunya Pemda harus menyusun protokol kesehatan dengan ahli kesehatan dan bekerja sama dengan stakeholder di daerahnya masing-masing," ujar Mendagri Tito Karnavian saat memberikan sambutan dalam acara Inovasi Daerah dalam Tatanan Normal Baru yang disiarkan pada kanal YouTube Kemendagri, Senin (22/6/2020).

Tito mengatakan dalam lomba video ini, Kemendagri bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kementerian PAN-RB, Kemenparekraf, Kemendag, dan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP). Setiap pemenang juga akan diberikan hadiah berupa Dana Insentif Daerah (DID).

"Agar menarik, selain piagam, hadiahnya juga atas kebaikan Ibu Menteri Keuangan diberikan insentif daerah (DID) untuk pemenang pertama, setiap kategori dan setiap klaster daerah, diberikan DID sebesar 3 miliar rupiah, pemenang kedua 2 miliar rupiah dan pemenang ketiga 1 miliar rupiah. Sehingga total terdapat 84 pemenang terdiri atas juara 1, 2 dan 3 untuk 7 sektor kehidupan dan 4 klaster Pemda, total hadiah DID sebanyak 168 miliar rupiah," katanya.


Sumber :Detik.com
Komentar

Berita Terkini