Sampaikan Peran Dokter Keluarga, Ketua TP PKK Sumut Vidcon Bersama PKK Asahan

armen
Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:02
kali dibaca



Mediaapakabar.com-Untuk membantu dalam upaya mencegah dan pemberantasan penyebaran wabah COVID-19 khususnya di Provinsi Sumatera Utara. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara  lakukan Video Conference (VidCon) dengan seluruh TP PKK Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Jumat (5/6/2020)

"Kegiatan ini adalah untuk menyatukan langkah Kita  dalam upaya membantu Pemerintah mencegah dan memberantas penyebaran wabah COVID-19 di Sumatera Utara. Selain itu kita kolaborasikan tentang peran dokter keluarga dan manfaatnya bagi kelompok ini dan anak" ujar Ny H.Nawal Edy Rahmayadi

Nawal mengatakan pemberdayaan dokter keluarga nantinya akan melakukan edukasi dan berkolaborasi dengan TP PKK disemua tingkatan. Karena dokter keluarga sangat bermanfaat untuk kelompok ibu dan anak. 

Juga nantinya akan turut dikolaborasi dengan Grab. Harapannya dapat membantu dalam memberikan edukasi melalui aplikasi, agar masyarakat Sumatera Utara khususnya kaum ibu tidak bingung dan panik menghadapi wabah virus COVID-19 ini.

"Masa pandemi COVID-19 ini masih banyak para ibu-ibu terutama yang hamil, yang mau melahirkan dan juga yang akan ikut KB, serta yang akan mengimunisasikan anaknya, sangat merasa was-was dan khawatir,” katanya.

Untuk itu, sambungnya, mereka perlu edukasi agar lebih mengetahui bagaimana menjaga tentang kesehatan diri dan keluarga serta mengetahui bagaimana cara mencegah COVID-19 agar tidak tertular.

Dan mereka juga tahu bagaimana caranya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh serta betul-betul menerapkan jaga jarak dan pembatasan interaksi fisik.

Masih menurut Nawal bahwa betapa pentingnya edukasi agar tidak terjadi stigma di masyarakat. Sehingga yang sakit dan terkena harus dibantu, agar mereka bisa tetap optimis dan terhindar dari stres.

"Mari kita berikan edukasi tentang pandemi COVID-19 saat ini melalui media elektronik seperti WhatsApp (WA) atau media lainnya"ajak Nawal.

Diakhir penyampaianya Nawal mengajak semua  Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumut agar mengaktifkan dasawisma dengan komunikasi elektronik, sinergikan kegiatan dengan puskesmas dan dokter keluarga. Semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit COVId-19.

"Mari kita perangi wabah covid-19 ini dengan mengikuti protokol kesehatan," ucapnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiarti Surya didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Yusnila Indriati Taufik beserta pengurus memohon informasi tentang dokter keluarga 

Sehingga Kami TP PKK Kabupaten Asahan dapat mensosialisasikannya ke tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Asahan,ujar Ny Titiek..(Ed/Dp)

Share:
Komentar

Berita Terkini