-->
    |
Follow Us :

Orang Tanpa Gejala Warga Asahan Positif COVID 19

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com- HM (26) Orang Tanpa Gejala (OTG) warga Dusun II,  Desa Bahung Sibatu Batu, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara  dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 setelah menjalani uji klinis SWAB di RS. Murni Teguh Medan.

Penjelasan tersebut disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan  COVID-19 Kabupaten Asahan, H.Rahmad Hidayat Siregar kepada media, Minggu (14/6/2020).

"Ya benar, sesuai data yang kami terima. HM jenis kelamin laki-laki, merupakan warga dusun II Desa Bahung Sibatu Batu Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan positif terjangkit COVID-19. HM positif COVID-19 setelah pihak Rumah Sakit Murni Teguh Medan  melakukan uji SWAB. Dimana selama ini HM bekerja di Palembang Provinsi Sumatera Selatan" jelas Rahmat.

Rahmat menerangkan bahwa sebelumnya pada bulan Maret 2020 lalu. HM masuk dalam katagori Orang Dalam Pemantauan (ODP) petugas gugus tugas Asahan, karena yang  bersangkutan baru saja datang dari daerah Palembang. Dan kita telah lakukan isolasi secara mandiri selama 14 hari terhadap HM dan dirinya dalam keadaan sehat. 

Namun pada 12 Juni 2020  semalam.HM akan kembali bekerja ke Palembang dan dirinya memerlukan surat keterangan bebas COVID-19 melalui pemeriksaan SWAB.

Karena keperluan tersebut HM melakukan pemeriksaan diri secara mandiri ke RS Murni Teguh Medan. Hasil pemeriksaan SWAB Nasofaring, menunjukkan diri HM Positif terjangkit  COVID-19,terang Rahmat

Masih dikatakan Rahmat, selama pulang ke Asahan hampir 2 bulan lamanya. HM tinggal di rumah  mertuanya yang berada di Dusun I  Desa Pematang Jering Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara.

Jadi untuk mencegah terjadinya penyebaran wabah Corona. Tim Gugus Tugas COVID-19 telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas  COVID-19 Kabupaten Batubara untuk segera melakukakn tracking terhadap orang yang sempat kontak erat dengan pasien HM di Sei Suka.

Sedangkan untuk Kabupaten Asahan saat ini tim gugus tugas telah melakukan tracking di Desa Bahung Sibatu Batu terhadap kedua orang tua HM. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat terhindar dari wabah COVID-19.

Sementara pasien HM sendiri saat ini segera dirujuk ke RS di Medan melalui rujukan RSUD HAMS Kisaran agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang lebih intensif lagi.

"Dengan positifnya  HM terjangkit COVID-19 maka data sementara di Kabupaten Asahan yang positif COVID-19 menjadi delapan orang. Diantaranya sebanyak empat orang saat ini sedang dirawat, tiga orang sembuh, dan satu telah orang meninggal dunia ," jelas Dayat..(Ed/dp)
Komentar

Berita Terkini