Ngeri, Ratusan Ternak Dimangsa Makhluk Haus Darah di Taput

armen
Minggu, 21 Juni 2020 - 19:52
kali dibaca



Tangkapan layar sejumlah ternak mati korban pemangsa ternak yang hanya mengisap darah mangsanya. (ANTARA/HO)
Mediaapakabar.com- Warga Pargompulon, Desa Pohan Tonga, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara saat ini resah .Pasalnya Ratusan ternak warga menjadi mangsa makhluk haus darah, sejak sebulan terakhir.

"Kejadiannya sejak sebulan lebih. Namun, masyarakat luas baru mengetahuinya pada minggu lalu, saat sejumlah ekor bebek, dan ayam, juga seekor ternak babi kembali dimangsa," kata Saut Simanjuntak (47), warga setempat yang terlihat lunglai saat ditemui ANTARA di kediamannya, Minggu (21/6).

kata Saut, awalnya, hampir setiap hari dalam sebulan terakhir, 1-2 ekor ternaknya menjadi korban pemangsa dengan kondisi ternak mati yang mengalami luka di bagian leher.

"Anehnya, bangkai setiap ternak yang dimangsa selalu utuh. Sepertinya, hanya darahnya saja yang diisap makhluk haus darah itu," ujarnya.

Pada Rabu, 17 Juni 2020, sekira pukul 6.30 WIB, seekor ternak babi seberat 25 kg miliknya tiba-tiba tak lagi berada di dalam kandang, dan sejumlah ternak ayam dan bebek nampak terbujur kaku dengan luka di bagian leher.

Saking sedih atas kematian ayam dan bebek, serta kehilangan ternak babi miliknya, Saut berinisiatif mencari ternaknya yang hilang ke arah sungai, hingga menemukan bangkai babi miliknya di tepian sungai yang berjarak lebih kurang 35 meter dari lokasi kandang. 

"Biasanya ayam dan bebek yang mati mengalami luka di bagian leher. Namun, ternak babi ini mengalami sejumlah luka tusukan di bagian leher, bekas cakaran, dan mengalami luka seperti sayatan memanjang pada bagian perut, hingga bagian dalam perutnya terlihat, meski tidak organ tubuh yang hilang," urai Saut.

Sejak kejadian itu, informasi kematian ternaknya yang tidak wajar langsung beredar luas di jagad maya hingga menyita perhatian masyarakat luas, termasuk aparatur desa, dan kecamatan, TNI/Polri, hingga Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam wilayah Sumut.

Sumber :ANTARA
Share:
Komentar

Berita Terkini