Mengejutkan, Ilmuwan Sebut Planet KOI-456.04 Sangat Mirip dengan Bumi

armen
Minggu, 07 Juni 2020 - 09:30
kali dibaca



Planet KOI-456.04 Sangat Mirip dengan Bumi, FOTO/ ist
Mediaapakabar.com- Ilmuwan di Max Planck Institute menemukan planet mirip Bumi yang mengorbit Kepler-160, bintang yang menyerupai matahari kita baik dalam ukuran maupun suhu permukaannya.

Planet ini, KOI-456.04, terletak di sistem yang disebut 'zona layak huni' - wilayah di sekitar bintang di mana air cair bisa ada di permukaan planet. 

Dilansir di Daily, Sabtu (6/6) disebutkan, planet ekstrasurya yang mirip Bumi adalah salah satu dunia yang mengorbit bintang Kepler-160, yang berjarak sekitar 3.000 tahun cahaya dari sistem bintang kita.

Namun, dengan Kepler-160 dan planet ini yang berjarak sekitar 3.000 tahun cahaya, masih belum jelas seperti apa atmosfer KOI-456.04.

Tidak seperti sebagian besar bintang yang menjadi tuan rumah planet ekstrasurya seukuran Bumi, para ilmuwan mengetahui bahwa Kepler-160 mengeluarkan cahaya dalam spektrum yang terlihat daripada cahaya inframerah. Ini aspek penting, yang mereka percaya, untuk menjadi layak huni.

Tentu saja, ada banyak yang masih belum diketahui dari planet ini."Gambaran penuh kelayakhunian melibatkan melihat pada kualitas bintang juga," kata peneliti Max Planck René Heller dalam rilisnya.

Memanggil planet ekstrasurya "mirip Bumi" mengacu lebih pada ukurannya daripada kelayakhuniannya. Tapi tetap saja, sistem Kepler-160 tampak sangat mirip dengan kita.

Menurut Heller, KOI-456,01 relatif besar dibandingkan dengan banyak planet lain yang dianggap berpotensi dihuni.

(Sindonews.com)
Share:
Komentar

Berita Terkini