Kabar Baik, Pendiri Microsoft Ini Ungkap Dua Jenis Vaksin Corona Tengah Dikembangkan

armen
Selasa, 30 Juni 2020 - 09:24
kali dibaca



Bill Gates mengungkap dua tipe vaksin virus corona yang tengah dikembangkan. (AFP/LUDOVIC MARIN)
Mediaapakabar.com-Bill Gates , Miliarder Pendiri Microsoft menyebut ada dua karakteristik vaksin yang sedang dievaluasi untuk mencegah infeksi virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Karakteristik pertama, vaksin yang dapat mencegah seseorang terpapar virus corona baru. Lalu vaksin yang memungkinkan seseorang yang terpapar Covid-19 tidak menginfeksi orang lain.

Khusus karakteristik vaksin yang kedua kata Gates, vaksin itu tidak dapat menjamin bakal menghambat transmisi virus corona secara sempurna.

"Jika itu adalah vaksin yang hebat, termasuk memblokir penularannya, semua akan mendapat manfaat bahwa 70 sampai 80 persen orang akan menggunakan vaksin itu," kata salah satu miliarder AS itu saat diwawancarai CNN. 

Lebih lanjut, ia memprediksi vaksin virus corona SARS-CoV-2 (nama penyakitnya Covid-19) akan tersedia pada akhir 2020 atau awal 2021 mendatang.

Lalu Gates menyinggung soal para ilmuwan kini tak memiliki banyak waktu untuk menguji vaksin ke berbagai kelompok umur. Hal ini disebabkan karena terbatasnya waktu pengujian akibat kebutuhan yang kian mendesak. Sehingga, hal ini menurutnya menjadi tantangan tersendiri bagi para tenaga medis.

Ia juga menyinggung soal beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa seseorang yang sembuh dari Covid-19 memiliki antibodi atau kekebalan yang cukup kuat.

"Kita seharusnya bisa mendapatkan kekebalan kelompok (herd immunity). Jadi hal itu secara eksponensial menurunkan angka (penurunan angka kasus Covid-19)," tutur Gates.


Sumber: CNNIndonesia.com

Share:
Komentar

Berita Terkini