Ini Beberapa Cara Tingkatkan Sistem Imun Anda

armen
Kamis, 11 Juni 2020 - 09:43
kali dibaca

Seorang Pria sedang Berlari

Mediaapakabar.com-Di masa pandemi virus corona seperti saat ini, sistem imun adalah garda terdepan saat tubuh dimasuki kuman atau bakteri penyebab penyakit. Saat imun lemah, tubuh dengan mudah sakit dan terinfeksi. Itu alasannya, daya tahan tubuh harus selalu dijaga dengan baik.

Pada dasarnya, sistem imun tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur.

Akan tetapi, itu saja rupanya belum cukup. Terkadang, tubuh Anda membutuhkan aktivitas yang meningkatkan imunitas untuk mencapai tingkat kebugaran yang optimal. 

Aktivitas untuk Tingkatkan Imun Tubuh
Cara meningkatkan imun tubuh yang umum dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, dan juga mengonsumsi suplemen. Namun, di luar itu, masih ada banyak cara menjaga daya tahan tubuh, antara lain:

1. Berpetualang di Alam
Sebuah studi menunjukkan, seorang pria yang menghabiskan enam jam untuk menjelajah dan “tersesat” di alam, seperti hutan, memiliki tingkat sel pembunuh alami.

Aktivitas ini sekaligus dapat memperkuat kekebalan tubuh serta membantu melawan kanker.

Para peneliti juga menemukan bahwa efek sehat dari kegiatan di alam dapat bertahan dalam tubuh setidaknya hingga 30 hari.

Jika Anda tak memiliki cukup waktu untuk benar-benar bertualang di hutan, Anda bisa menjadikan kebun rumah atau taman kota sebagai alternatifnya.

Itu karena prinsip utama kegiatan yang meningkatkan sistem imun ini adalah pergi ke luar ruangan dan menyatu dengan alam.

2. Meditasi
Berdiam di dalam rumah—seperti yang banyak dilakukan selama pandemi virus corona—merupakan waktu yang tepat untuk melakukan meditasi.

Studi mendapati, meditasi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal.

Selain itu, meditasi secara teratur dan konsisten juga dapat membantu memperbaiki kesehatan di tengah situasi yang stres dan banyak tekanan.

3. Memukul Drum
Siapa yang sangka kalau memukul drum termasuk aktivitas yang meningkatkan imunitas?

Ya, periset dari pusat kesehatan di Pennsylvania, California, Amerika Serikat, menemukan bahwa seorang pemukul drum alias drummer cenderung memiliki sistem imun tubuh yang baik.

Yang lebih menarik, saat Anda melakukan kegiatan ini secara berkelompok, maka tingkat imunitas Anda mungkin akan benar-benar mencapai tingkat terbaik.

Jika Anda tidak terlalu percaya diri, atau tidak memiliki banyak waktu untuk bermain drum, pukullah beberapa panci atau benda-benda lain sebagai alternatifnya.

4. Bersenang-senang 
Energi positif dan mood yang baik berperan sangat penting dalam mencegah berbagai virus penyebab penyakit. Selain itu, memanjakan serta memberi kesenangan pada diri Anda adalah satu cara yang dapat ditempuh.

Ada banyak sekali cara meningkatkan imun tubuh dengan bersenang-senang. Seperti, menonton televisi, bersantai, menjalani hobi atau kegiatan favorit, atau liburan selama beberapa hari.

Anda juga bisa melibatkan pasangan, seperti mengajaknya untuk bercinta atau sekadar berbagi kesenangan dengan menonton acara komedi sambil berpelukan di sofa.\

5. Berlari-lari
Aktivitas fisik, seperti berlari-lari, membuat antibodi atau sel darah merah akan bersirkulasi lebih cepat, sehingga dapat mendeteksi penyakit lebih awal.

Tidak hanya itu, kenaikan singkat suhu tubuh selama dan sesaat setelah aktivitas ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri


Sumber :Klikdokter.com
Share:
Komentar

Berita Terkini