-->
    |
Follow Us :

Dirut PDAM Dairi : Jika Perambahan Hutan Terus Berlangsung ,15 Tahun Mendatang Dairi akan Kekeringan Air

Kali Dibaca




Dirut PDAM Tirta Nciho Kabupaten Dairi.Walhi Munthe.(foto boby)
Mediaapakabar.com- Direktur PDAM TIRTA NCIHO Kabupaten Dairi Walhi Munthe menyebutkan ,saat ini debit sumber air yang dikelola perusahaan daerah itu mengalami penurunan hingga 60 persen.


Turunnya debit air di beberapa  sumber air yang dikelola PDAM salah satunya disebabkan adanya kegiatan  perambahan hutan dan pembukaan lahan yang mengakibatkan hutan gundul di sekitar DAS(Daerah Aliran Sungai).

Dampaknya adalah saat hujan tidak ada lagi pepohonan yang menyerap air dan mengalirkannya ke sumber-sumber air yang selama ini dikelola PDAM.

Ada 4 sumber air yang saat ini di andalkan oleh PDAM Tirta Nciho,diantaranya  sumber air Lae Nuaha,Sitio tio,Lae Mbulan dan Lae Cimberah yang berada di Parbuluan.

Untuk saat ini sumber air Lae mbulan ini debitnya sudah sangat menurun drastis.Sehingga pasokan air beberapa tahun terakhir belum memadai.Sehingga PDAM telah melakukan penambahan Pengelolaan Sumber air  dari Lae Cimberah di Kawasan Hutan Si Cike cike,itupun sepertinya debit air masih belum mencukupi.

"Air di Lae Cimberah ini cukup jernih,dan saat ini kita masih berupaya mengkelolanya agar Debit air yang tadinya 100 liter / detiknya, bisa mencapai target sampai 200 liter / detiknya",kata munthe.

Ditambahkannya,Untuk mengatasi berkurangnya debit air maka pihaknya melakukan penggiliran penyaluran air kepelanggan,karena saat ini penyaluran air belum bisa  maksimal 24 jam.

Saat  PDAM membentuk tim yang siaga dan secara bergiliran senantiasa mengecek sumber air dan distribusi ke pelanggan.

"Kita saat ini tengah berupaya mengatasi pasokan air ke para konsumen semaksimal mungkin,mudah mudahan dalam waktu dekat debit air yang kita kelola ini bisa mencapai 200 liter / detiknya,namun itu juga tergantung peran kita bersama dalam melakukan Pengawasan dan melindungi Hutan yang berada di Daerah Aliran Sungai(DAS),sekitar sumber air tersebut",tutup Munthe.(bob)


Komentar

Berita Terkini