|
Follow Us :

Direktur Eksekutif Jokowi Watch Sayangkan Ada Isu Agama Listyo Sigit Prabowo

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com- Isu agama seharusnya tak lagi dibahas dalam bursa calon Kepala Kepolisian RI (Kapolri). Menurut Direktur Eksekutif Jokowi Watch, Tigor Doris Sitorus , jabatan di atas Kapolri saja dapat diisi nonmuslim seperti Luhut Binsar Panjaitan (LBP) yang menjabat sebagai Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Hal itu disampaikannya menyusul Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo yang disebut kuat akan menggantikan Kapolri Jenderal Idham Aziz. Namun, ada pihak menilai langkah Listyo akan terganjal isu agama.

Kita lihat sih banyak juga yang menonjol, seperti yang kemarin kita lihat ada Listyo Sigit Prabowo terganjal agama, artinya jangan ada lagi seperti itu. Kita sudah selesai dengan agama," ujar Doris kepada Tagar, Senin, 15 Juni 2020.

Doris menambahkan, jabatan apa pun dapat diisi siapa saja dalam negara yang majemuk ini. Dia mencontohkan, satu di antaranya yaitu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut yang notabene merupakan nonmuslim.

"Artinya yang di atas Kapolri bisa agama nonmuslim, contohnya pak LBP bisa menjadi Menteri," kata Doris.

Sebelumnya, lembaga pengamat polisi Indonesia Police Watch (IPW) menyebut Komjen Sigit sebagai salah satu dari delapan jenderal potensial menggantikan Idham Aziz yang akan pensiun pada Januari tahun depan. 

“Sigit sangat berpotensi, apalagi sangat dekat dengan Jokowi," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane kepada Tagar, Jakarta, Sabtu, 13 Juni 2020.

Usai IPW merilis bursa calon kapolri, Kompolnas menyindir manuver lembaga yang dipimpin Neta itu. Kompolnas menyebut isu suksesi Kapolri tak patut diperbincangkan saat negara sibuk menanggulangi pandemi Covid-19.

"Masih terlalu dini dan sangat tidak etis membicarakan tentang proses pergantian Kapolri Idham Aziz, termasuk membicarakan calon-calon penggantinya pada saat ini," kata Anggota Kompolnas Poengky Indarti. 


Sumber :Tagar.id
Komentar

Berita Terkini