Riwayat Perjalanan Malaysia, Warga Asahan Berstatus PDP COVID-19

Media Apakabar.com
Senin, 18 Mei 2020 - 18:24
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Satu orang lagi, warga dusun 5 Desa Meranti Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan berinisial SY (38) tahun ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 oleh tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Asahan.

Hal itu dikatakan juru bicara Gugus Tugas Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar, Senin (18/5/2020) kepada media.

"Benar hari ini (18/5) daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID- 19 di Kabupaten Asahan bertambah satu orang lagi. Jadi PDP di Kabupaten Asahan sekarang ada 4 orang semuanya"sebut Rahmat.

Rahmat menjelaskan PDP "SY' warga Meranti saat ini telah berada diruang isolasi RSUD HAMS Kisaran untuk menjalani perawatan.

SY masuk Rumah Sakit Haji Abdul Manan Simatupang (RS.HAMS) Kisaran pada 16 Mei 2020 kemarin. SY ditetapkan sebagai PDP karena memiliki riwayat perjalanan dari Negara Malaysia terang Rahmat.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari COVID-19 di Kabupaten Asahan lainnya yaitu TS (61) tahun  warga dusun II pasar VI, Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan saat ini berada di Rumah Sakit Elisabeth Medan.

TS ditetapkan sebagai PDP karena memiliki riwayat demam dan sesak nafas serta mengidap penyakit hipertensi.

Kemudian JW warga Jalan Durian Kecamatan Kota Kisaran Timur ditetapkan PDP COVID-19 karena memiliki riwayat menderita penyakit malaria. Setelah menjalani uji Rapid Test dirinya reaktif COVID-19.

Lalu seorang lagi, JL warga dusun II Desa Pulau Rakyat Tua Kecamatan Pulau Rakyat statusnya juga ditetapkan PDP COVID-19.

JL ditetapkan sebagai PDP COVID-19 karena dirinya memiliki riwayat penyakit hipertensi dan stroke. Dirinya ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan COVID-19 setelah menjalani uji metode Rapid Test.

Artinya alat Rapid Test belum bisa jadi pegangan atau acuan seseorang terjangkit virus COVID-19. Sifatnya hanya deteksi dini. Seseorang dikatakan positif COVID apabila telah melakukan uji test SWAB, terang Dayat.

Sementara ODP (Orang Dalam Pemantauan) dari gejala Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Asahan, saat ini tinggal 4 orang.

Para ODP itu berada 2 orang di Kecamatan Air Joman, 1 orang di Kecamatan Kisaran Timur dan 1 orang ada di Kecamatan Meranti.

Sedangkan pasien yang terjangkit virus COVID-19 di Kabupaten Asahan saat ini masih tetap 4 orang.

Diantaranya satu orang telah meninggal dunia,satu orang telah sembuh dan dua orang masih dalam perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit yang ada di Medan.

Untuk itu  atas nama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan. Rahmat mengimbau agar masyarakat tetap mau mengikuti aturan dan anjuran dari pemerintah untuk tetap menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu dapat mematuhi segala protokol kesehatan COVID -19. Mari Kita semua berdoa agar pandemi wabah virus Corona ini cepat berlalu,sebut Dayat..(Ed/Dp)

Share:
Komentar

Berita Terkini