Pemkab Dairi Mulai Salurkan BLT Dana Desa Kepada Masyarakat

armen
Rabu, 20 Mei 2020 - 09:08
kali dibaca



Bupati Dairi Dr Eddy Kepeng Ate Berutu,Saat menyampaikan Kata Sambutanya Pada Acara Penyerahan BLT ADD untuk Masyarakat di Desa Bintang Kab.Dairi.(foto.boby)
Mediaapakabar.com-Pemerintah Kabupaten Dairi mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat Kabupaten Dairi , Selasa (19/5/2020). 
.
Hal ini menjadi salah satu capaian baik oleh Pemerintah Daerah yang ada di wilayah Sumatera Utara, terlebih Kabupaten Dairi menjadi salah satu Kabupaten yang termasuk bertindak cepat tepat dalam penyaluran BLT Dana Desa kepada masyarakat desa ditengah pendataan yang kompleks dan riil serta geografis wilayah yang terbilang luas dan sulit serta kondisi masyarakat yang heterogen.


Bantuan Langsung Tunai tersebut merupakan salah satu program jaminan pengaman sosial dari pemerintah pusat yang diberikan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19. BLT Desa tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada masyarakat yang ada di Desa Bintang dan Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam arahannya mengatakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah se-Indonesia bahwa dana desa tahun 2020 harus dialokasikan untuk bantuan sosial yang dituangkan dalam Permendes Nomor 6 Tahun 2020, PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

BLT yang disebut dengan BLT Dana Desa dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu adalah bantuan langsung tunai yang harus diberikan kepada warga desa yang tidak mampu karena terdampak akibat covid-19.

“Kita patut mengapresiasi kepada Kepala Desa karena telah mampu menyelesaikan tugas dalam melakukan pendataan sehingga dana desa dan keseluruhan proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku bisa mulai kita bagikan hari ini,” ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang disambut dengan tepuk tangan warga Desa Bintang yang hadir dalam pembagian BLT tersebut.

Dijelaskan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bahwa bantuan yang diberikan saat ini kepada warga desa adalah bantuan bagi warga yang tidak masuk dalam bantuan Kementrian Sosial. Oleh karena itu dengan tegas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan harus dihindari bagi warga yang mendapatkan bantuan lebih dari satu kali karena pasti akan mengorbankan orang lain.

“Sekali lagi kami menyampaikan maaf apabila ada saudara yang belum tercatat, kita akan berusaha dengan cara lain untuk membantu saudara-saudara kita yang belum masuk dalam daftar. Bersyukurlah bagi yang mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa ini dan mari gunakan untuk kebutuhan pokok kita,” ucap Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga mengapresiasi para Kepala Desa yang telah melaksanakan instruksi untuk memaparkan secara langsung daftar nama-nama penerima bantuan sehingga dapat diketahui oleh seluruh masyarakat di masing-masing desa.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi Junihardi Siregar dalam laporannya menyampaikan bahwa dari 161 desa di Kabupaten Dairi, saat ini telah memproses 66 desa untuk memfasilitasi pembukaan rekening masyarakat penerima manfaat BLT dana desa. Ia mengatakan melalui BLT dana desa akan terdapat sebanyak 17.500 KK yang akan menerima bantuan tersebut se-Kabupaten Dairi.
“Kondisi saat ini dari 66 desa yang telah menyelesaikan musyawarah khusus penerima manfaat BLT, masih sekitar 7.000 orang yang telah terdata,” ujarnya.

Oleh karena itu Ia berharap dengan adanya pembagian BLT Dana Desa di Desa Bintang dan nantinya di Desa Kalang Simbara akan menjadi motivasi kepada desa yang lainnya untuk meyelesaikan musyawarah secara cepat sehingga BLT Dana Desa dapat langsung disalurkan.

Untuk Desa Bintang, Kepala Desa Bintang Aladin Sinaga mengatakan untuk jumlah penerima BLT Dana Desa di Desa Bintang terdapat sebanyak 164 orang yang telah ditetapkan melalaui musyawarah desa. Sementara itu di Desa Kalang Simbara, jumlah penerima BLT Dana Desa sesuai dengan laporan Kepala Desa Kalang Simbara Tetty Laronta Pasaribu terdapat sebanyak 131 orang. Jumlah bantuan yang diterima oleh masing-masing penerima bantuan adalah sebanyak Rp. 600.000 yang akan disalurkan selama 3 bulan mulai dari Mei – Juli 2020.

Di akhir arahannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kembali mengingatkan kepada seluruh warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Dairi.

“Hindari keramaian, tetap jaga jarak dan selalu pakai masker jika harus ke luar dari rumah, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga kesehatan tubuh kita,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pemberian bantuan tersebut Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Johnny Hutasoit , Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rahmatsyah Munthe, Camat Sidikalang Robot Simanullang, Kasdim 0206 Dairi, dan Kapolsek Sidikalang.(bob)
Share:
Komentar

Berita Terkini