|
Follow Us :

Pemkab Asahan Segera Proses Pemulangan TKI Dari Malaysia

Kali Dibaca




Rahmat Hidayat Siregar
Mediaapakabar.com-Menyikapi situasi dan kondisi terkait  permintaan pulang para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Asahan dari negara Malaysia akibat dampak pemberlakuan Lock Down , Pemerintah Kabupaten Asahan segera melaksanakan pemulangan tersebut.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan telah melakukan beberapa proses tahapan dan siap membantu pemulangan TKI warga Asahan dari negara Malaysia.

"Proses pemulangan  TKi akan kita urus dan lakukan secepatnya. Mengingat kondisi para TKI saat ini cukup memprihatinkan" ujar Juru bicara Gugus Tugas COVID 19 Kabupaten Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar kepada media, Sabtu (2/5/2020).

Dayat menuturkan,bahwa pihak Pemkab Asahan maupun Gugus Tugas COVID 19 telah menerima laporan  langsung  tentang situasi badan kondisi para TKI asal Asaham dari petugas yang telah ditunjuk melalu Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan.

" Kini proses pemulangan para TKI dalam tahap pengurusan administrasi. Pemkab Asahan melalui Gugus Tugas COVID-19 telah berupaya secepat mungkin melakukan proses pemulangan warga Asahan dari Malaysia"ujar Dayat.

Masih dikatakannya untuk proses pemulangan para TKI ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Pertama Ketua Gugus Tugas COVID-19 Bupati Asahan H. Surya, B.Sc segera menyampaikan laporan kepada Gubernur Sumatera Utara tentang perihal proses pemulangan dan kondisi para TKI saat ini di Malaysia.

Dan apabila proses administrasi telah selesai dikerjakan. Maka data akan segera Kita serahkan langsung ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk diteruskan dan diproses melalui lintas Kementerian.

Sebab menurutnya dalam hal pemulangan TKI harus melibatkan beberapa Kementerian seperti Kementerian Perhubungan dan pihak Bea Cukai.

Jubir Gugus Tugas COVID 19 yang juga selaku Kadis Kominfo Kabupaten Asahan  ini menjelaskan,  guna proses pemulangan para TKI itu. Pemkab Asahan akan mempersiapkan kapal feri untuk membawa dan memulangkan para TKI asal Asahan tersebut dari Malaysia.

"Artinya penjemputan akan dilakukan jika semua berkas telah sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga (TKI) yang ada" sebut Dayat.

Terakhir dalam penyampaianya Kadis Dayat berpesan agar bersama-sama mendoakan supaya proses pemulangan para TKI berjalan lancar dan wabah covid-19 segera berakhir. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti sedia kala..(Ed/Dp)

Komentar

Berita Terkini