|
Follow Us :

Kapolda Sumut: Empat Personil Polda Sumut Positif COVID-19 , Satu Meninggal Dunia

Kali Dibaca



Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin
Mediaapakabar.com-Selama pandemi Covid-19,  lima personil Polda Sumut dinyatakan positif, bahkan seorang diantaranya meninggal dunia akibat virus yang mematikan tersebut.

Pernyataan tersebut dikatakan Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin saat talk show, yang disiarkan melalui online dari media centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Senin (18/5/2020).

"Secara umum kami (personel Polda Sumut) yang terpapar Covid-19  jumlahnya 50 orang. Yang positif ada lima orang, meninggal satu orang dan sembuh dua orang," ungkap Irjen Martuani.

Mantan Asop Kapolri itu menyebutkan, personel yang meninggal dunia sebelumnya bertugas di Polda Sumut dengan pangkat Komisaris Polisi (Kompol). "Justru rapid test-nya negatif, tapi gejala klinis adalah gejala Covid. Seminggu kemudian anggota saya ini meninggal dunia dan dimakamkan dengan protokol Covid-19," ujar Martuani.

Martuani menjelaskan, perwira menengah yang meninggal dunia itu terpapar Covid-19 dari istrinya yang berprofesi sebagai bidan. Sang istri tidak menyadari bahwa dia menjadi carrier virus bagi suami dan anaknya. 

"Dia masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG). Selain yang meninggal dunia, Martuani mengakui banyak anggotanya yang mengalami gejala klinis Covid-19. Tapi tidak etis saya sampaikan di sini," sebutnya. 

Namun orang nomor satu di Polda Sumut ini  memastikan semua anggotanya yang mengalami gejala klinis Covid-19 mendapat penanganan sesuai prosedur seharusnya. Pemakaman yang meninggal juga sesuai dengan protokol Covid-19. 

"Tidak ada yang boleh menjenguk, menziarahi, atau ikut memakamkan. Polda Sumut sudah menyiapkan petugas untuk proses pemakaman ini. Setidak-tidaknya 4 jam pasca kejadian (meninggal) harus dimakamkan," katanya.(dn)
Komentar

Berita Terkini