Ilmuwan Italia Ini Sebut Covid-19 Mungkin Sudah Hilang Sebelum Vaksin Ditemukan

armen
Minggu, 17 Mei 2020 - 08:47
kali dibaca



Ilustrasi
Mediaapakabar.com-Covid-19 dapat kehilangan potensinya dan menghilang sebelum vaksin dikembangkan. Hal itu disampaikan Giuseppe Remuzzi, Direktur Institut Penelitian Negosiasi Farmakologis Mario Negri di Milan, Italia.

"Virus mendekati akhir dan mungkin menghilang sebelum penemuan vaksin yang dimaksudkan untuk menghentikan penyebarannya, karena potensinya telah mulai melemah dari hari ke hari," kata Remuzzi, seperti dilansir Al Arabiya.

Namun, sebagian besar komunitas medis telah memperingatkan bahwa virus itu sekarang endemik di dalam populasi, yang berarti tidak akan hilang dengan sendirinya dan mulai memperingatkan "gelombang kedua" ketika dunia mulai melonggarkan penguncian.

Yang lain berpendapat bahwa kehidupan mungkin tidak sepenuhnya kembali normal sampai vaksin dikembangkan. Tapi, Remuzzi tampaknya tidak setuju dengan pandangan ini.

"Penyakit ini kurang parah pada orang yang baru terinfeksi dibandingkan dengan orang yang terinfeksi sebulan yang lalu. Jumlah orang yang membutuhkan perawatan intensif di Italia terus berkurang," ucapnya.

Remuzzi mengatakan bahwa dia tidak tahu mengapa coronavirus yang mematikan kehilangan potensinya. Namun, ia menyatakan, orang mungkin telah mengembangkan kekebalan terhadap virus itu, yang dapat mengarah pada pemberantasannya sebelum pengembangan vaksin. "Jika keadaan terus berevolusi seperti sekarang, wabah dapat berhenti," ujarnya.

Dua cara bagi populasi untuk mengembangkan kekebalan terhadap virus adalah melalui vaksin atau kekebalan kawanan, yang terakhir telah menjadi bahan perdebatan di komunitas medis. Sementara perlombaan vaksin terus berlajut, para pakar yakin vaksin itu tidak akan ditemukan setidaknya sampai awal 2021.

Ezekiel J. Emanuel, seorang ahli onkologi di Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania dan salah satu arsitek Obamacare mengatakan bahwa kenormalan tidak akan kembali dalam waktu dekat.

"Saya tidak berpikir kita akan mendapatkan vaksin sebelum tahun depan dan saya akan mengatakan, kepada publik atau kekebalan umum tidak sampai Juli, Agustus, jangka waktu September pada 2021. Itu semacam bacaan optimis. Jadi 15 bulan, 18 bulan dari sekarang," jelasnya.

(Sindonews.com)
Share:
Komentar

Berita Terkini