-->
    |
Follow Us :

Gugus Tugas COVID-19 Asahan Terima Kunjungan BNPB RI

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI) lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan, Kamis (28/5/2020) bertempat di Sekretariat Gugus Tugas.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kesiapan tim Gugus Tugas Asahan dalam menangani dan mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19 khususnya di Kabupaten Asahan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan H. Surya, BSc  mengucapkan selamat datang kepada LO BNPB RI di Kabupaten Asahan."Dalam menangani COVID-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan telah melakukan beberapa langkah penanganan.

Kita tim Gugus Tugas telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat layanan publik, tempat ibadah dan dibeberapa tempat yang menjadi lokasi kerumunan massa," ujar H.Surya.

Selain itu,H.Surya, mengatakan pihaknya tetap memberikan imbauan kepada masyarakat Asahan. Supaya dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan  Sehat (PHBS), selalu membiasakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sesudah dan sebelum melakukan aktivitas.

Kemudian jangan lupa menggunakan masker setiap melakukan aktivitas dan menghindari berbagai tempat yang menjadi lokasi kerumunan massa.

Disamping itu pula  Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan telah  membentuk satuan Gugus Tugas di setiap Puskesmas dan Desa/Kelurahan diseluruh wilayah Kabupaten Asahan.

Tujuan dibentuknya tim tersebut adalah untuk memantau setiap warganya yang telah pulang dari daerah zona merah wabah COVID-19,jelas Ketua H.Surya.

Masih dikatakannya  Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Asahan juga telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam menghadapi wabah COVID-19.

"Kita, Kabupaten Asahan telah memiliki rumah sakit rujukan untuk pasien COVID-19 yaitu RSUD HAMS Kisaran. Penetapan RS Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara.

Tak hanya itu saja, Kabupaten Asahan juga telah memiliki tempat karantina bagi warga Asahan yang pulang bekerja atau merantau dari luar daerah atau luar negeri. Lokasi karantina itu bertempat di kolam renang milik Pemkab Asahan dan tim Gugus Tugas siap melayani mereka dengan baik" terang Surya.

Selanjutnya H.Surya menyampaikan bahwa Gugus Tugas COVID-19 Asahan telah menyalurkan sekaligus melakukan monitoring bahan sembako yang diperuntukan buat masyarakat Kabupaten Asahan terdampak wabah COVID-19.

Dalam menangani wabah COVID-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan bekerja sama denga unsur Forkopimda dan Instansi Pemerintah lainnya, sebut H.Surya.

Sementara itu LO BNPB RI, Mayor Jenderal (Purn) Darlan Hararap memberikan rasa apresiasi kepada Gugus Tugas dalam melakukan pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 di Kabupaten Asahan.

"Saya sepakat apa yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan dalam mengantisipasi penyebaran serta memutus mata rantai wabah COVID-19.

Karena hal tersebut sudah sesuai dengan apa yang diharapkan Pemerintah Pusat,"ucap Darlan.Teruslah bekerja,jangan pernah ada rasa putus asa dan bosan dalam memberikan pelayanan dan imbauan kepada masyarakat agar dapat mematuhi anjuran yang telah ditetapkan pemerintah.

"Khusus dalam memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak COVID-19. Jangan sampai ada masyarakat yang tidak dapat menerima bantuan tersebut" pesan Darlan.

Terlihat hadir dalam kunker tersebut antara lain Liaison Officier (LO) BNPB RI, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Asahan sekaligus Bupati Asahan, Wakil Ketua Gugus, Dandim 0208 Asahan dan Sekretris Daerah Kabupaten Asahan.

Hadir juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Administrasi Umum, Kadis kominfo dan Plt Kasat Pol PP Kabupaten Asahan (Ed/dp)

Komentar

Berita Terkini