-->
    |
Follow Us :

Cegah Penyebaran COVID-19, Lapas Rantauprapat buka kunjungan online

Kali Dibaca



Warga binaan pemasyarakatan Lembaga Permasyarakatan Klas II A Rantauprapat menggunakan layanan fasilitas kunjungan online panggilan video dengan keluarganya. (ANTARA/Kurnia Hamdani)


Mediaapakabar.com- Lembaga Permasyarakatan Klas II A Rantauprapat menerapkan kunjungan online sementara melalui sosial media bagi keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah.

Kalapas Klas II A Rantauprapat, Era Wiharto di Rantauprapat, Minggu (24/5) sore menjelaskan, penutupan kunjungan sesuai dengan kebikakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi pencegahan COVID-19 di lingkungan pemasyarakatan. Sebagai peganti, memberikan fasilitas layanan kunjungan online panggilan video aplikasi whatsapp untuk WBP yang ingin berkomunikasi dengan keluarga.

"Kami memberikan layanan kunjungan berbasis aplikasi video call whatsapp gratis kepada seluruh narapidana dan tahanan untuk berkomunikasi dengan kelauarga. Saling tatap muka walapun tidak bersentuhan," kata Era Wiharto.

Ia menjelaskan, penutupan kunjungan tidak menganggu komunikasi dengan keluarga WBP dan tetap terjaga. Kondisi itu sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat di masa pendemi COVID-19 ini.

Pihaknya menyiapkan 8 unit kumputer untuk 1315 WBP yang beroperasi dari jam 09.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Setiap WPB mendapat layanan 10 menit untuk berkomunikasi dengan keluarga.  

Secara teknis, pelayanan kunjungan online mencapai 150 orang setiap hari dengan menerapkan anjuran pemerintah menjaga kebersihan dan menjaga jarak layanan setiap WBP.

"Layanan ini kita lakukan selama peniadaan layanan kunjungan, sampai nanti pemerintah menetapkan bebas dari pandemi COVID-19," jelas Era Wiharto.

Sumber :ANTARA
Komentar

Berita Terkini