|
Follow Us :

Waduh, Arogan Tabrak Kapal Pesiar, Kapal Angkatan Laut Venezuela Malah Tenggelam

Kali Dibaca



Naiguata
Mediaapakabar.com-Kapal patroli lepas pantai milik Angkatan Laut Venezuela Naiguata, yang dikirim untuk mencegat sebuah kapal pesiar kecil justru celaka sendiri. Setelah menabrak lambung kapal pesiar Resolute, kapal patroli itu justru tenggelam. Berita baiknya: Tidak ada yang terluka. Resolute justru hanya menderita kerusakan kecil.


Menurut Maritime Executive yang dikutip Popular Mechanics Jumat 3 April 2020, insiden itu terjadi 13 mil laut di lepas pantai Isla de Tortuga, sebuah pulau Venezuela yang tidak berpenghuni. Naiguata memerintahkan Resolute untuk mengikutinya ke Venezuela dan pelabuhan, dengan dalih pelanggaran perairan teritorial Venezuela.
Ketika awak kapal pesiar berkonsultasi dengan kantor pusat, kapal angkatan laut menembakkan beberapa tembakan peringatan dan mulai menabrak kapal pesiar.
Apa yang tampaknya tidak disadari oleh awak Naiguata adalah lambung Resolute lebih kuat dari rata-rata. Situs web kapal menggambarkan lambung tersebut memiliki “lapisan baja kepadatan tinggi” untuk memungkinkannya berlayar di perairan yang sarat es.
Kapal angkatan laut Venezuela terus membentur busur kanan untuk mengubah arah kapal menuju perairan teritorial Venezuela.

Resolute

Yang terjadi kemudian kapal angkatan laut mengalami kerusakan parah ketika melakukan kontak dengan lambung kapal pesiar dan air pun mulai masu.
Naiguata akhirnya tenggelam. Menurut Columbia Cruise Services, Resolute tetap tinggal di sekitarnya sampai Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim (MRCC) Curaçao, otoritas yang bertanggung jawab atas insiden lokal di laut, memerintahkannya untuk melanjutkan pelayarannya.
Resolute juga menawarkan untuk meminjamkan bantuan kepada kapal yang menabraknya tetapi tidak dijawab.
Militer Venezuela membantah hal itu dengan menyatakan ” Resolute dianggap pengecut dan kriminal, karena tidak hadir untuk menyelamatkan awak dan melanggar peraturan internasional yang mengatur penyelamatan kehidupan di laut.”
Setelah dibebaskan oleh MRCC, Resolute berlayar ke tempat yang aman, berlabuh di pulau Curaçao.
Situs web FleetMon memiliki foto kerusakan pada lambung Resolute, yang tampak minor, serta foto file Naiguata.  Resolute, dibangun pada tahun 1993, memiliki panjang 400 kaki dan lebar 59 kaki. Kapal memiliki bobot 8.378 ton dan biasanya membawa hingga 146 penumpang.
Galangan kapal Navantia Spanyol membangun Naiguata pada 2009 sebagai kapal patroli pantai. Naiguata memiliki panjang 259 kaki, memiliki kecepatan tertinggi 22 knot, dan bobot 1.453 ton. Kapal ini juga dipersenjatai dengan senjata cepat Oto-Melara 76-milimeter, senjata pertahanan jarak pendek Oerlikon Millennium 35-milimeter dan dua senapan mesin kaliber .50.  Sebagai kapal permukaan, Naiguata biasanya membawa 34 awak.
Tidak jelas apa sebenarnya yang terjadi karena Resolute berada 13 mil laut di lepas pantai Isla de Tortuga, sementara perairan teritorial membentang hingga 12 mil.(Jejaktapak)

Komentar

Berita Terkini