Pandemi Corona, Kemenag Minta Umat Kristiani Rayakan Paskah di Rumah

armen
Minggu, 05 April 2020 - 20:30
kali dibaca


Perayaan Paskah di Gereja Katedral. ©2017 Merdeka.com
Mediaapakabar.com-Umat Kristen akan merayakan Jumat Agung pada 10 April 2020 dan Perayaan Paskah pada hari Minggu. Dikarenakan Indonesia dilanda wabah Corona atau Covid-19, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau perayaan Paskah dilakukan di rumah masing-masing.

"Untuk Perayaan Paskah, Ditjen Bimas Kristen mengimbau kepada Pimpinan Gereja agar dilaksanakan di rumah masing-masing," kata Direktur Urusan Agama Kristen, Janus Pangaribuan, dikutip dari siaran pers, Minggu (5/4) seperti dilansir merdeka.com.

Jumat Agung memperingati wafatnya Yesus Kristus. Sementara, Ibadah Minggu Paskah dalam rangka memperingati kebangkitan-Nya.

Janus mengatakan, Ditjen Bimas Kristen telah mengirimkan surat imbauan agar perayaan Paskah digelar di rumah. Surat itu dikirimkan kepada Pimpinan Persekutuan Gereja Aras Nasional dan Pimpinan Induk Gereja/Sinode di seluruh Indonesia, pada 3 April 2020.

"Kami mendorong agar Perjamuan Kudus digelar di rumah, sesuai dengan tata gereja masing-masing," tuturnya.

Apabila ada gereja yang sudah terlanjur membuat persiapan perayaan, Janus berharap agar dapat ditunda terlebih dahulu. Hal ini mengingat kini dalam situasi pandemi virus corona.

"Kalaupun para Pimpinan Induk Organisasi Gereja/Sinode seluruh Indonesia akan menggelar perayaan, kami berharap pelaksanaan Perjamuan Kudus bisa ditunda hingga bencana pandemi COVID-19 selesai, atau dilaksanakan di rumah masing-masing," jelas Janus. (dn)

Share:
Komentar

Berita Terkini