Paket Stimulus Dongkrak IHSG, Namun Rupiah Tetap Turun

Media Apakabar.com
Rabu, 01 April 2020 - 19:32
kali dibaca
Paket Stimulus Dongkrak IHSG, Namun Rupiah Tetap Turun
Ekonom Sumatra Utara, Gunawan Benjamin 
Mediaapakabar.com-Indeks harga saham di AS kembali membukukan transaksi negative dengan ditutup melemah 1.86% pada perdagagan semalam.Kinerja indeks futures di AS pagi ini jugamnegalami pelemahan sebesar 1.2% sejauh ini.

Sementara bursa eropa dalam perdagangan selumnya mampu ditutup mengalami penguatan. IHSG pada perdagangan pagi ini dibuka melemah tipis di level 4.529.

Hal itu dikatakan Ekonom Sumatra Utara, Gunawan Benjamin kepada Mediapakabar di Medan, Rabu (1/4/2020) siang.

Namun, lanjut Gunawan,  kinerja IHSG terus mencoba untuk melanjutkan tren kenaikan seiring dengan banyaknya sentimen positif yang ada di pasar sejauh ini. Dari dalam negeri, IHSG tertolong oleh kebijakan stimulus yang dikeluarkan oleh Presiden RI, dan adanya PERPU yang bermanfaat dalam menanggulangi penyebaran virus corona yang dinilai akan memberikan kontribusi positif buat perekonomian, ujarnya.

Gunawan juga menjelaskan, pasar tetap saja dihantui dengan peningkatan jumlah kasus baru corona baik yang positif maupun peningkatan jumlah angka kematiannya. AS menjadi salah satu negara dengan penyebaran covid terbesar yang bisa saja menjadi sentimen negatif bagi pasar keuangan dunia.

Dan hal yang sama nantinya juga akan berpengaruh kepasar keuangan, seandainya kondisi pasien di tanah air dinilai dalam batas yang mengkuatirkan. Sementara itu, Berbeda sengan IHSG di sesi pembukaan, Rupiah sejuah ini melemah dikisaran level 16.355 per US Dolar. Disisi lain, IHSG sejauh ini masih melanjutkan tren kenaikan di level 4.592,18, pungkas Gunawan.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini