|
Follow Us :

Ketua Umum DKSU Baharuddin Saputra, SH : Seniman Mesti Dapat Perhatian Pemerintah

Kali Dibaca





Mediaapakabar.com-Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara ( DKSU ) Baharuddin Saputra, SH membenarkan pihaknya mendapat dorongan moril dari berbagai pihak untuk mendapatkan subsidi bagi Seniman yang sekarang " menganggur"  karena dirumah saja, sebagai dampak penyebaran virus coivid19.

Bahar menyebutkan DKSU turut berdukacita kepada keluarga korban meninggal dunia disebabkan pandemi virus Corona ( covid-19 ), khususnya keluarga Seniman atau penggiat seni di Sumut dan Indonesia secara umum.

Seperti dimaklumi dampak corona terhadap sejumlah aktifitas dan kegiatan proyek Seni Budaya dan pariwisata jadi terhenti, tentu mempengaruhi prekonomian rumah tangga dalam hal kebutuhan sehari hari.

“Kita juga monitor bahwa sejumlah EO di Sumatera Utara harus kehilangan job kerja sebagai konsekwensi keputusan Pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan yang menghimpun banyak orang,” katanya.

Sebut saja Sumut Fair 2020 yang direncanakan dibuka pekan pertama Maret 2020 ditunda,Ramadhan Fair yang setiap tahun meriah juga ditunda, dan  Festival Seni Budaya - II thn 2020 agenda kegiatan DKSU yang rencana digelar 08-18 Maret 2020 juga ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan lagi .

Terkait hal tersebut, mereka berharap ada  perhatian pemerintah Pusat dan Daerah untuk memberikan subsidi kepada Seninan perorangan maupun Sanggar atau lembaga kesenian dan kebudayaan juga pariwisata di Sumut dalam bentuk kongkrit.

Sejauh ini pihaknya mendapat informasi telah dilakukan semacam pendataan para seniman untuk nendapatkan dukungan pemerintah, tapi belum pasti juga.

“Diakui ada beberapa orang yang bertanya ke DKSU, sejauh ini kita jawab belum ada kepastian kebijakan tersebut,” jelasnya

Pihaknya berharap semoga musibah ini cepat berlalu,sehingga aktifitas kesenian, kebudayaan dan kepariwisataan kita berjalan normal kembali.(rel)

Komentar

Berita Terkini