|
Follow Us :

Belum Ajukan PSBB, Ini Penjelasan Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Sumut

Kali Dibaca



Juru Bicara Gugus Tugas Covid- 9 Sumut Aris Yudhariansyah. (Foto: Istimewa)
Mediaapakabar.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memastikan belum mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam menangani pandemi Covid-19. Bukan hanya provinsi, 33 kabupaten kota di Sumut juga tak ada yang mengajukan kebijakan tersebut.

"Kami sampaikan, sampai sejauh ini Pemprov Sumut bersama dengan kabupaten kota belum ada yang mengajukan PSBB," ujar Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19  Sumut Aris Yudhariansyah, Sabtu (11/4/2020).

Dia menjelaskan, PSBB berpedoman terhadap Permenkes Nomor 9 Tahun 2020. Kebijakan ini ditetapkan Menteri Kesehatan yang diputuskan berdasarkan permohonan kepala daerah baik gubernur, wali kota maupun bupati.

Dia menjelaskan, ada beberapa kriteria untuk penetapan PSBB. Pertama jumlah kasus dan kematian yang meningkat. Kedua, terdapat kaitan epidemiologi kejadian di wilayah atau serupa dengan negara lain.

Ketiga atau terakhir, pengajuan PSBB ini harus dilampirkan beberapa data-data sesuai dengan Permenkes Nomor 9 Tahun 2020.

Menurut data terbaru perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.731 orang per Jumat (10/4/2020) pukul 17.00 WIB. Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) sejumlah 151 orang.

Jumlah pasien positif virus corona kini sebanyak 89 orang. Rinciannya, 34 orang berdasarkan hasil rapid test dan 55 orang melalui PCR (Polymerase Chain Reaction).

Sementara pasien yang diyatakan smbuh dan meninggal akibat Covid-19 sama-sama berjumlah delapan orang. 

"Kami optimistis angka kesembuhan Covid-19 di Sumut akan terus meningkat," ujar Aris.


Sumber :inews.id

Komentar

Berita Terkini