|
Follow Us :

Wali Kota Tanjungbalai : Imbas Lockdown Negara Malaysia, Pelabuhan Teluk Nibung Tutup Selama 2 Pekan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menanggapi positif langkah yang diambil Pelindo I Cab. Tanjungbalai yang menghentikan sementara secara menyeluruh aktivitas di Pelabuban penumpang Teluk Nibung, Tanjungbalai selama 2 (dua) pekan akibat kebijakan Lockdown Pemerintah Malaysia terkait Virus Corona.

Dimana sebelumnya pada Senin, (16/3/2020), Pemerintah Malaysia mengumumkan lockdown selama dua pekan atau minggu untuk memperlambat penyebaran virus corona (COVID-19), hal inilah yang menyebabkan Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai juga terkena imbasnya. Terhitung sejak Selasa (17/3/2020), Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai tidak akan beroperasi untuk selama 2 Pekan.

“Pemerintah Malaysia pada hari Senin (16/3/2020) malam telah mengumumkan status lockdown selama 2 minggu menyusul terjadinya lonjakan tajam jumlah kasus Corona Covid-19 di negara itu dalam beberapa hari terakhir ini. Oleh sebab itu, Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai sebagai pelabuhan transportasi laut dari dan ke Malaysia juga turut terkena imbasnya dan tidak beroperasi selama 2 minggu kedepan ini,” ujar Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH MH, Kamis (19/3/2020) malam.

Sebelumnya hal ini juga saya sampaikan saat kegiatan peninjauan langsung penyambutan WNI yang baru pulang dari Malaysia di Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai Selasa (17/3/2020) sore bersama OPD dilingkup Pemkot Tanjungbalai didampingi GM PT Pelindo I  Cab.Tanjungbalai Aulia Rahman, Plh Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Nibung, A Mukti. Wali Kota Tanjungbalai menerangkan, Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai akan beroperasi kembali pada tanggal 31 Maret 2020 mendatang atau setelah status lockdown di Malaysia berakhir. Untuk itu, saya mengimbau kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini masih berada di Malaysia agar tetap tenang dan resah, semoga permasalahan Virus Corona ini dapat segera selesai.

Lanjut Wali Kota, bahwasanya kapal ferry MV Ocean Star yang tiba dari Malaysia dan sandar di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai, pada hari Selasa (17/3/2020) sekitar pukul 17.00 Wib itu adalah untuk yang terakhir.

Selanjutnya, armada pengangkutan penumpang tersebut akan beroperasi kembali dua minggu mendatang atau setelah berakhirnya status lockdown di negara Malaysia.

“Terkait dengan keberadaan sejumlah WNI yang berada di Malaysia yang ijin tinggalnya akan berakhir selama dalam 2 minggu tersebut, akan diperpanjang oleh Pemerintah Malaysia. Kita sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Malaysia untuk perpanjangan ijin tinggal WNI di negara tersebut,” ujar H.M Syahrial SH MH.(Surya)
Komentar

Berita Terkini