|

Turki- Suriah Memanas, Kelompok Tempur USS Dwight D. Eisenhower Amerika Masuk Mediterania

Kali Dibaca



USS Dwight D. Eisenhower
Mediaapakabar.com-Kelompok tempur kapal induk USS Dwight D. Eisenhower dilaporkan melintasi Selat Gibraltar dan memasuki Laut Mediterania pada Sabtu 29 Februari 2020 malam. Portal informasi lalu lintas laut pada hari Minggu kapal induk tersebut berlayar ke timur Gibraltar.

Kapal dilaporkan dikawal beberapa kapal perang Angkatan Laut AS lainnya, termasuk USS San Jacinto dan USS Vella Gulf Tomahawk yang dilengkapi dengan rudal jelajah, serta skuadron destroyer yang terdiri dari Stout USS, USS James E. Williams dan USS Truxton.
Angkatan Laut Amerika mengeluarkan pernyataan pers tentang operasi Eisenhower minggu lalu dengan mengatakan bahwa kelompok tempur itu melakukan operasi di Armada ke-6 Amerika untuk mendukung operasi keamanan maritim di perairan internasional  bersama negara-negara sekutu.
Armada Keenam bermarkas di Naples, Italia, dan beroperasi di teater Eropa dan Afrika Utara, termasuk Laut Mediterania.
Kelompok tempur diperkirakan mencakup delapan skuadron jet tempur F / A-18E Super Hornet serta helikopter serang maritim.
“Ike [sebutan USS Eisenhower] menawarkan kemampuan luar biasa ke kawasan ini,” kata Vice Admiral Lisa Franchetti, komandan Armada Keenam dalam sebuah pernyataannya.
“Selama operasinya di Atlantik, kelompok tempur Ike akan melakukan latihan perang untuk memastikan keamanan jalur komunikasi laut yang vital. Penempatan ini juga akan berfungsi untuk menunjukkan komitmen kepada sekutu dan mitra kami di Eropa dan Afrika, ”tambahnya.
Eisenhower memulai penempatannya pada 20 Februari, segera setelah menyelesaikan latihan sertifikasi selama sebulan, dan tanpa kembali ke pelabuhan asal operator di Norfolk, Virginia. Angkatan Laut Amerika tidak menawarkan penjelasan resmi mengapa kapal induk itu dikerahkan tanpa singgah terlebih dahulu ke pangkalannya.
Sebelum ditempatkan, kapal induk berusia 40 tahun itu menghabiskan 18 bulan menjalani perbaikan. Kapal perang itu diketahui ikut serta dalam Perang Teluk pada 1990-1991, dan mendukung operasi Amerika di Irak dan Afghanistan pada 2000-an.
Tidak segera jelas ke mana tepatnya Eisenhower menuju. Namun, Laut Mediterania dikenal sebagai rumah bagi dua titik api utama  yakni Libya dan Suriah.
Akhir bulan lalu, komandan kelompok tempur Eisenhower Laksamana Muda Paul Schlise mengatakan para pelaut di kapalnya “terlatih dan siap untuk melaksanakan operasi maritim spektrum penuh di setiap teater. Kelompok tempur kapal induk adalah simbol nyata dan kuat dari komitmen dan tekad Amerika untuk sekutu dan mitra kami, dan memiliki fleksibilitas dan keberlanjutan untuk melakukan perang besar(Jejaktapak)
Komentar

Berita Terkini