Triwulan I Pada Tahun 2020 Ekonomi Sumut Masih Tumbuh Kuat

Media Apakabar.com
Jumat, 06 Maret 2020 - 11:59
kali dibaca
Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat bersama team Bank Indonesia wilayah Sumut pada saat paparan di hadapan para awak media di Medan.
Mediaapakabar.com-Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan perekonomian Sumut triwulan I 2020 diperkirakan masih tumbuh cukup kuat meskipun melambat sesuai pola historisnya.

"Seperti yang kita tahu, Tiongkok merupakan tujuan ekspor utama Sumut dengan pangsa 14% dan impor dengan pangsa 29%. Di sisi lain, sumbangan Tiongkok terhadap pariwisata Sumut relatif terbatas atau hanya memiliki pangsa 3,43% (8.909 orang) dari total wisman yang datang ke Sumut. Tercatat, sumbangan devisa dari wisman Tiongkok pada 2019 mencapai 11,68 Juta USD,"katanya, Kamis (5/3/2020).

Meskipun begitu, membuka tahun 2020, neraca perdagangan Sumut tercatat surplus USD 0,25 miliar, terkontraksi 14% (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan terjadi baik pada ekspor maupun impor.

"Penurunan ekspor terutama untuk komoditas lemak dan minyak nabati ditengarai untuk memenuhi permintaan domestik yaitu implementasi B30. Di sisi lain, impor menurun terutama untuk komponen bijih logam dan sisa logam," katanya.

Pihaknya memprediksi permasalahan Corona dapat ditanggulangi secara penuh hingga akhir triwulan II 2020. Terlebih dengan melihat perkembangan saat ini, dimana tingkat kesembuhan orang yang terjangkit Corona semakin tinggi.

"Apalagi sudah ada pernyataan dari beberapa pemerintah di sejumlah negara yang telah menemukan antibodi untuk menangani Corona ini. Harapannya, permasalahan Corona ini segera berakhir sehingga perekonomian dunia membaik yang otomatis berdampak pada perekonomian Indonesia termasuk Sumut," pungkas Wiwiek.(abi)

Share:
Komentar

Berita Terkini