Tekan Penyebaran Virus, Tim Gugus Covid-19 Semprot Disinfektan Kota Kisaran

Media Apakabar.com
Selasa, 31 Maret 2020 - 15:50
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Upaya untuk menekan penyebaran Corona Virus Disease 2019 ( Covid 19). Tim Gugus Tugas gabungan percepatan Penanganan wabah virus Corona, bergerak melakukan penyiraman cairan disinfektan diseputaran Kota Kisaran, Selasa (31/3/2020).

Aksi pencegahan penanganan langsung dipimpin Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan H. Surya serta didampingi oleh para unsur Forkopimda, para OPD dan organisasi kesehatan serta organisasi masyarakat.

Sebelum melakukan tugasnya, terlebih dulu dilakukan apel gabungan. Dan  tim gugus tugas penanganan pencegahan Covid 19 mendapatkan arahan dari ketua tim H.Surya.

"Penyiraman atau penyemprotan cairan desinfektan yang kita lakukan secara serentak adalah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Apa yang kita kerjakan untuk menindaklanjuti  telegram Kapolri Nomor : ST/1008/III/KES 7/ 2020, tentang upaya mendukung keselamatan masyarakat dengan gerakan preventif secara masif dan serentak diseluruh Indonesia, kata H Surya.

Oleh karena itu, melalui kesempatan tersebut H.Surya mengajak seluruh pihak terkait untuk dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan rasa ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Kegiatan hari ini akan menjadi saksi sejarah bahwasanya kita tidak pernah menyerah untuk menghadapi bencana darurat nasioanal ini. Sukses atau tidaknya kita melawan bencana ini, semua tergantung akan kepedulian semua pihak.

Tugas pencegahan virus Corona tidak hanya tergantung kepada Pemerintah dan tenaga kesehatan saja. Namun masyarakat juga dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada guna meminimalisir penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan, ujar Ketua H.Surya.

Untuk itu saya minta agar seluruh stakeholder yang terlibat dalam tugas penyemprotan ini agar dapat mempedomani seluruh prosedur yang berlaku dan tidak mengabaikan asas keselamatan diri guna mendapatkan hasil yang maksimal.

H Surya mengatakan, penyemprotan cairan desinfektan menggunakan mobil Water Canon milik Polres Asahan dan mobil Damkar milik Satpol PP Kabupaten Asahan.

Daerah atau kawasan yang disemprot cairan di seputaran Kota Kisaran sepanjang 10 Km mulai dari Gedung Dekranasda Kabupaten Asahan di Jalan Ahmad Yani Kisaran.

Kemudian menuju Jalan Cokroaminoto Kisaran, Jalan Imam Bonjol Kisaran, Jalan Sisingamangaraja Kisaran, Jalan Kartini Kisaran, Simpang Katarina Kisaran dan kembali lagi ke Gedung Dekranasda.

Selain itu kegiatan penyemprotan desinfektan  juga dilakukan di rumah ibadah, tempat layanan umum dan tempat-tempat yang dianggap masuk zona merah diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Asahan, ucap H.Surya.

"Kesiapan penanganan penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan saat ini berstatus siaga darurat. Dan untuk penanganan pencegahan kita telah membentuk tim yang bernama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan.

Dalam tim tersebut kita melibatkan berbagai unsur yang terdiri dari unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, OPD, organisasi kesehatan serta organisasi masyarakat.

Disamping itu pula Pemkab Asahan saat ini telah menyediakan 20 ruangan Isolasi yang berada di RSUD HAMS Kisaran.

“Artinya berbagai upaya telah kita lakukan, namun keberhasilan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Akan terwujud bila masyarakat juga ikut dan mau menaati segala panduan dan aturan yang telah disampaikan.

Saya mengimbau kepada semua  masyarakat Kabupaten Asahan. Silakan anda dirumah untuk keluarga dan Indonesia, biar kami diluar untuk anda dan Indonesia” sebut Bupati Asahan akhiri arahannya.

Ikut dalam aksi penyemprotan tersebut antara lain  Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kapolres Asahan,Dandim 0208 Asahan serta gabungan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan..(Dp)
Share:
Komentar

Berita Terkini