|
Follow Us :

Siap-siap , Kapal Selam Kontroversial Rusia Ini Kembali ke Armada Utara

Kali Dibaca



Kapal selam Vepr
Mediaapakabar.com-K-157 “Vepr” menjadi yang pertama dari lima kapal selam serang kelas Akula yang ditingkatkan. Kini kapal selam tersebut akan segera kembali ke tugas aktif di Laut Barents.

“K-157 Vepr akan mulai beroperasi di Armada Utara pada bulan April,” kata Komandan Angkatan Laut Nikolay Yevmenov kepada media Rusia Kamis 26 Maret 2020.
Kapal selam sepanjang 114 meter tersebut masuk dalam armada Rusia pada tahun 1995. Tiga tahun kemudian, kapal menjadi terkenal karena sebuah kejadian kontroversial.
Kapal mengalami situasi darurat ketika seorang prajurit 19 tahun menembak delapan pelaut dan membarikade dirinya di kompartemen torpedo kapal. Dia akhirnya terbunuh oleh bom kecil yang ditanam oleh FSB di dalam telepon yang digunakan untuk negosiasi.
K-157 adalah yang pertama dari serangkaian kapal selam bertenaga nuklir Akula II yang diperbaiki dan dimodernisasi. Kapal lain yakni Bratsk, Volk, Leopard dan Samara akan menyusul. Semua kapal akan dapat membawa rudal jelajah Kalibr.
Jika Vepr adalah kapal kelas Akula-II (Project 971U), empat kapal lainnya adalah kelas Akula-1 yang sedikit lebih tua (Project 971). Kapal-kapal tersebut nantinya akan berlayar untuk Armada Utara selama 25-30 tahun.
Ketika Uni Soviet memunculkan kapal selam Kelas Akula, Angkatan Laut Amerika bergegas untuk menciptakan lawan tandingnya. Melalui proses panjang akhirnya lahirlah kapal selam serang nuklir (SSN) Kelas Virginia yang terbukti sukses dan masih terus dibangun hingga saat ini.
Menurut Nikolay Yevmenov, kapal selam Akula bukan satu-satunya kapal yang sedang dalam proses modernisasi. Ada juga kapal selam kelas 667BDRM Delfin (Delta-IV) dan kelas 949 (Oscar-II) juga akan ditingkatkan.
“Kami tidak memiliki hak untuk mengucapkan selamat tinggal kepada kapal-kapal yang memiliki kemampuan hebat seperti itu, dan kami akan melanjutkan perbaikan di berbagai tingkatan dan modernisasi proyek kapal nuklir 667BDRM, 971, 949,” kata Yevmenov.
Dia menambahkan bahwa kapal-kapal Project 949 Antey yang dimodernisasi akan dapat membawa rudal Kalibr, Oniks dan Tsirkon.
Saat ini, satu 667BDRM (Delta-IV) diyakini mengalami modernisasi di halaman Zvezdochka di Arkhangelsk, sementara dua kapal selam 949A (Oscar-II) ditingkatkan di Galangan Zvezda di Timur Jauh Rusia.(jejaktapak)
Komentar

Berita Terkini