Pulang Melancong Dari Malaysia,17 Warga Asahan Disemprot Desinfektan

Media Apakabar.com
Senin, 30 Maret 2020 - 17:31
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Mencegah dan memutus mata rantai terjadinya penyebaran virus Corona. Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19, lakukan pemeriksaan kesehatan  terhadap 17 orang pelancong yang baru pulang dari Malaysia.

"Kita hari ini bersama pihak Polres Asahan kembali melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 17 orang pelancong yang baru tiba dari negara Malaysia. Pemeriksaan kita lakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 di Asahan, kata Sekda Taufik Zainal Abidin.

Mereka 17  orang pelancong yang kita periksa kesehatannya itu adalah warga yang berasal dari 10 orang warga Asahan, 5 orang warga Tanjung Balai dan 2 orang warga Labuhan Batu.

Para pelancong tersebut tiba di Terminal Madya Kisaran, Senin (30/03/2020) waktu  dini hari dengan menaiki mobil bus.

"Begitu tiba para pelancong langsung kita seterilisasikan dengan  cara melakukan penyemprotan desinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh",Selain itu juga kita lakukan  pemeriksaan berbagai  riwayat penyakit. Hal itu dilakukan untuk mencegah indikasi penyebaran corona karena mereka baru aja kembali dari luar negeri”,kata Sekda.

Masih dikatakan Sekda, Kita bersyukur hingga saat ini tidak ada masyarakat Asahan yang terindikasi positif virus corona. Bahkan banyak masyarakat yang masuk kategori (ODP') Orang Dalam Pemantauan, mayoritas mereka dalam kondisi sehat.

Namun,untuk pencegahan kita harus tetap waspada. Seperti hal hari ini kita lakukan penyemprotan terhadap para pelancong yang baru pulang dari Malaysia.

Langkah ini sebagai salah satu upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus Corona yang saat ini cukup membahayakan umat manusia.

“Dan  kepada 17 pelancong yang baru tiba hari ini, akan difasilitasi mulai dari pengawalan penjemputan sampai mengantar kerumah masing masing. Sebelum diberangkatkan kembali kerumahnya, para pelancong diberikan minuman berupa susu Beard Brand” sebut Taufik.

Sementara di tempat yang sama, Kapolres Asahan diwakili ketua Gugus Tugas Covid 19  Kasat Intel AKP Sunarto, SH menyampaikan  hasil dari pemeriksaan kesehatan 17 orang pelancong yang baru pulang dari Malaysia, semuanya sehat dan tidak ada indikasi tertular virus Corona.

Usai kita periksa kesehatannya dan dilakukan penyemprotan cairan desinfektan. Semua pelancong diperbolehkan kembali kerumahnya masing- masing. Sebelumnya mereka juga telah melewati pemeriksaan sebanyak 5 kali,sebelum tiba di Kisaran.

"Selanjutnya nanti 17 pelancong tersebut akan melakukan pemeriksaan kesehatan kembali di puskesmas yang terdekat dari kediaman mereka. Maka untuk itu saya minta kepada 17 pelancong untuk tetap menjaga kesehatan dan mau memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat,”kata AKP Sunarto.

Ikut hadir dalam penjemputan tersebut antara lain Kadis Kominfo, Plt.Kepala BPBD,Plt. Kasat Pol PP, Kapala Dinas Perhubungan, Dirut RSUD HAMS, dan Kadisnaker..(depram)
Share:
Komentar

Berita Terkini