Presiden Putuskan UN Ditiadakan Mulai Tahun Ini

armen
Selasa, 24 Maret 2020 - 13:42
kali dibaca


Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan meniadakan ujian nasional (UN) untuk tahun 2020. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
Mediaapakabar.com-Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan meniadakan ujian nasional (UN) untuk tahun 2020. Dimana penghapusan UN sebelumnya sudah disepakati dihapus mulai tahun 2021.

“Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respons wabah COVID-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat. Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respon COVID-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha,” ujar dia melalui siaran persnya, Selasa (24/3/2020). 

Dia mengatakan peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing atau pembatasan sosial untuk memotong rantai penyebaran virus Corona. Penegasan ini disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas dengan pembahasan UN.

“Ujian Nasional ditiadakan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkat Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setingkat Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI),” paparnya.

Fadjroel menambahkan kebijakan peniadaan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga dalam penerapan perilaku social distancing. Diantaranya kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah.


Sumber : Sindonews.com
Share:
Komentar

Berita Terkini