|
Follow Us :

Pelaku Pasar Fokus Karantina JABODETABEK

Kali Dibaca
 Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin
Mediaapakabar.com-IHSG pada perdagangan pembukaan pagi ini dibuka melemah. Kinerja indeks harga saham gabungan, melemah di level 4.474,21.  Dan sejauh ini IHSG masih masih melemah di level 4.353,81. Kinerja Indeks saham terpuruk, seiring dengan memburuknya kinerja indeks bursa global yang mengalami penurunan dimotori oleh kinerja bursa di AS yang turun akhir pekan kemarin. Termasuk juga bursa yang ada di Eropa.

"Kinerja pasar keuangan domestik pada hari ini diperkirakan akan mengalami tekanan yang cukup besar, seiring dengan masih memburuknya sentimen pasar keuangan baik internal dan eksternal. Dari internal, pengawasan yang ketat terhadap akses keluar masuk JABODETABEK akan menjadi fokus perhatian pelaku pasar," kata Ekonom Sumatra Utara di Medan, Senin (30/3/2020).

Gunawan menyebutkan, Karena kondisi tersebut bisa mempengaruhi pelaku pasar. AS bisa jadi pelajaran, yang memperpanjang masa karantina 3 wilayah negara bagiannya. Yang berujung pada tekanan pasar keuangannya. Dan Indonesia dengan sangat terpaksa harus melakukan upaya mitigasi penyebaran corona yang mirip dilakukan oleh negara lainnya.

"Senada dengan IHSG, pada perdagangan hari ini Rupiah juga diperdagangkan melemah di kisaran level 16.250 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah memburuk dibandingkan dengan perdagangan akhir pekan sebelumnya. Dan kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga penutupan perdagangan nanti," pungkas Gunawan.(abi)

Komentar

Berita Terkini