|

Menkes Imbau agar Masker Hanya Digunakan oleh Orang yang Sakit

Kali Dibaca


Ilustrasi masker. ©Shutterstock/JHershPhoto
Mediaapakabar.com-Kabar masuknya infeksi virus corona di Indonesia menyebabkan banyak masyarakat menjadi ketakutan. Hal ini membuat banyak orang memburu masker dan menggunakannya agar tidak tertular infeksi.

Banyak yang tak tahu kalau sebenarnya penggunaan masker tidak efektif sebagai perlindungan bagi yang sehat. Justru, orang yang sakit seperti flu, pilek atau terkena penyakit menular lainnya yang wajib menggunakan masker. Hal ini agar penyakit yang sedang ada di tubuhnya tidak menular kepada orang lain.

"Kita tak perlu panik, yang penting menjaga kesehatan tubuh, imunitas. Kalau sakit pakai masker, kalau sehat ya gak usah. Malah mengurangi oksigen yang masuk," ujar, dr. Terawan Agus Putranto, dalam acara konferensi pers di RS Sulianto Saroso. dilansir merdeka.com

Jaga Kekebalan Tubuh

Hal yang jauh lebih penting dari masker adalah menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih, dan pastikan tidur cukup.

Hindari dulu berkunjung ke negara-negara dengan banyak kasus corona. Penyakit karena virus corona ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, seiring dengan perbaikan kekebalan tubuh.

Pengobatan yang diberikan pun untuk mengurangi keluhan gejala agar tak semakin parah. Virus corona termasuk jenis virus yang bisa sembuh dengan sendirinya (self limiting disease).

"Ini jenis self limiting disease, karena virus. Tergantung imunitas tubuh," tandas Terawan.(dn)
Komentar

Berita Terkini