|
Follow Us :

Lindungi dari Virus Corona, Ketua KBPP Polri Resort Simalungun dr.H.Jimmy Goeltom Ajak Masyarakat Budayakan GERMAS

Kali Dibaca
Ketua KBPP POLRI Resor Simalungun dr.H.Jimmy Goeltom bersama dengan Pembina KBPP POLRI yang juga Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol Mardiaz Khusin Dwihananto SIK,M.Hum.
Mediaapakabar.com-Ketua KBPPPOLRI Resor Simalungun,dr.H.Jimmy Goeltoem menghimbau dan mengajak   masyarakat di Simalungun melindungi dan menjaga diri beserta keluarga  dari Virus Corona melalui GERMAS,(Gerakan Masyarakat Hidup Sehat),Yakni sebuah gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku yang kurang sehat.

“Dengan cara tetap menjaga Kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan terus berperilaku hidup Bersih dan sehat,seperti membiasakan mencuci Tangan Sebelum Makan dan mengkomsumsi makanan yang bervitamin,bergizi serta sehat,” jelasnya , Sabtu (8/03).

Selain itu, dr.H.Jimmy Goeltoem mengharapkan agar  masyarakat  tidak panik dan tidak terpancing oleh Isu- Isu yang mungkin saja dihembuskan oleh Pihak Pihak yang tidak bertanggung jawab terkait Masalah Virus Corona,sebab virus Corona Covid 19 merupakan Jenis Penyakit Self Limited Disease,Atau dapat Sembuh  dengan sendirinya. “Virus Corona menginfeksi Hidung, Sinus dan tenggorokan bagian atas.Virus  dengan Jenis Self Limited Disease akan sembuh jika Tubuh seseorang memiliki Imunitas yang baik.Agar Virus ini tidak menyerang kita,maka kita perlu menjaga Kesehatan dengan meningkatkan Imunitas Tubuh,” katanya.

Kata dr. H.Jimny Goeltom, kebanyakan virus Corona menyebar seperti virus Influenza.
Virus Corona menyebar melalui Batuk dan Bersin oleh mereka yang telah terinfeksi virus Corona, penyebaran juga bisa melalui sentuhan tangan,wajah atau bagian lain yang umum disentuh.

Kepada Mediaapakabar.com, dr Jimmy  Goeltom yang juga  Ketua KBPP Polri Resor Simalungun berbagi tips  Cara Pencegahan agar terhindar dari virus Corona  yakni
1) Menghindari kontak dekat dengan Pasien penderita Penyakit saluran Pernafasan akut.
2)Rajin Mencuci Tangan, khususnya setelah melakukan kontak langsung dengan pasien atau lingkungan tempat tinggal penderita virus Corona.
3) Menghindari Kontak dengan peternakan atau binatang liar tanpa adanya perlindungan.
4)Orang yang dengan Gejala Penyakit Pernafasan sebaiknya beretika saat bersin.
Update virus Corona Per Tanggal 6 Maret 2020 yang positif di 84 Negara adalah 97.885  Jiwa Positif Terinfeksi Virus Corona,dan Lebih Dari 50% telah sembuh,atau sekitar 53.796 Jiwa.
Cara Penularan Corona Virus:
1) Melalui udara dengan batuk dan bersin.
2) Kontak Pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan.
3)Menyentuh benda atau permukaan benda yang dimana permukaan dari benda tersebut dengan virus, kemudian menyentuh mulut,hidung atau mata sebelum mencuci tangan.
4) Kontaminasi Feses.

Gejala Klinis yang ringan dari Penderita Virus Corona:
Hidung berair,sakit kepala,batuk,sakit tenggorokan,demam, merasa tidak enak badan.

Sedangkan Gejala Klinis yang berat  Corona Virus:
Demam yang mungkin cukup tinggi jika pasien mengidap Pneumoni,Batuk dengan lendir,sesak nafas,Nyeri dada,sesak saat bernafas dan batuk.

Mengutip  Pernyataan Kemenkes yang meminta Masyarakat menjaga diri dan keluarga dari Virus Corona melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, GERMAS:
1)Makan Makanan Yang bergizi dan sehat.
2) Rajin Olahraga dan Istirahat yang Cukup.
3)sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
4)Gunakan Masker bila batuk,atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam.
5)Tidak Merokok.
6)Minum Air Putih 8 gelas / Hari.
7)Makan Makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan  daging dari hewan yang berpotensi menularkan Virus Corona.
8)Jaga Kebersihan Lingkungan.
9)Bila demam dan sesak Nafas segera ke Puskesmas dan Ke Rumah sakit.
10) Senantiasa Berdoa.

Demikian  Ketua KBPPPOLRI Resor Simalungun kepada wartawan
Mediaapakabar.com(dn)

Komentar

Berita Terkini