|
Follow Us :

Kongres Partai Demokrat Dipercepat, Pengamat Ini Bilang Muluskan Jalan AHY Jadi Ketum

Kali Dibaca


Agus Harimurti Yudhoyono dalam acara pengukuhan pengurus DPD dan DPC Partai Demokrat DIY di Jogja Expo Centre (JEC), Senin (9/4). (Foto: MP/Teresa Ika)
Mediaapakabar.com-Pengamat politik Jerry Massie memberikan komentarnya terkait dengan Kongres Partai Demokrat yang dipercepat dari jadwal sebelumnya untuk menyiapkan kader partai jelang Pilkada 2020 dan Pemilu 2024.

Jerry menganggap, Kongres tersebut telah disiapkan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk suksesi kepemimpinan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memimpin partai dan menjadi bakal calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.“Dia (AHY) saat ini sudah melakukan safari politik di Indonesia. Ini bagian political branding pencitraan politik AHY jelang Pilpres 2024,” kata Jerry kepada wartawan, Rabu (11/3)

Jerry memprediksi dalam Kongres nanti, SBY akan duduk sebagai Ketua Dewan Pembina. Sedangkan, posisi Ketua Umum pasti akan diberikan kepada AHY. Menurutnya, ini bagian dari langkah estafet kepemimpinan. Di satu sisi positif, tapi di sisi lain, langkah tersebut sebagai bagian dari munculnya dinasti politik.

“Tapi saya lihat tidak masalah AHY sudah mulai matang secara politis apalagi dia sudah sempat naik ring di Pilkada DKI Jakarta kendati sempat kalah,” kata Jerry.Seperti diketahui, Partai Demokrat akan menggelar Kongres V di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada 14 sampai 16 Maret 2020.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan membenarkan agenda kongres itu. Ia menyebut pihaknya juga telah membentuk Panitia Pengarah dan Panitia Pelaksana Kongres V Demokrat.

"Iya 14, 15, 16 (Maret), OC (Panitia Pengarah) Partoyo (sebagai) ketua, sekretarisnya Andi Timo (Pangerang)," kata Syarief kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (10/3).Ia memastikan Kongres V Demokrat akan terlaksana sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan kongres ini lebih cepat dua bulan dari yang seharusnya digelar Mei 2020.Menurut Syarif, kongres digelar lebih awal dari jadwal sebelumnya karena partai ingin mengkonsolidasikan kekuatan dalam menghadapi Pilkada 2020.


Sumber: merahputih.com
Komentar

Berita Terkini