Komisi I DPR-RI Cek Kesiapan Kodam I/BB Hadapi Pontensi Tantangan Pilkada dan Antisipasi COVID-19

armen
Senin, 02 Maret 2020 - 17:02
kali dibaca



Mediaapakabar.com- Tim Komisi I DPR RI yang diketuai Meutya Viada Hafid melakukan kunjungan kerja ke Makodam I/BB, Jln Gatot Soebroto Km 7,5 Medan, Senin (2/3/2020).

Kehadiran Tim Komisi I DPR RI dalam rangka reses masa persidangan II tahun sidang 2019-2020 di Makodam I/BB ini disambut langsung oleh Pangdam, Mayjen TNI MS Fadhilah didampingi Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, serta seluruh PJU Kodam I/BB.

Sebelum melakukan rapat secara tertutup di Balai Prajurit Makodam I/BB, tim Komisi I DPR RI lebih dulu diperkenalkan dengan kondisi wilayah Kodam I/BB, termasuk alutsista yang dimiliki pada sejumlah satuan tempur maupun satuan bantuan tempur di wilayah Kota Medan sekitarnya.

Tim Komisi I DPR RI juga diajak Pangdam untuk berkeliling Markas Kodam I/BB, sekaligus mengenalkan Taman Perjuangan yang merefleksikan sejarah kejuangan Kodam I/BB dari masa ke masa.

Usai melakukan rapat, Ketua Komisi I DPR RI yang juga ketua tim reses ke wilayah Medan, Meutya Viada Hafid menjelaskan, kunjungan kerja ini sebagai pelaksanaan fungsi pengawasan, legislasi dan anggaran.

"Kehadiran kita untuk melihat kesiapan Kodam I/BB dalam menghadapi berbagai potensi tantangan, mulai dari Pilkada Serentak tahun 2020 maupun terkait COVID-19. Karena kita ketahui, wilayah Kodam I/BB yang meliputi empat provinsi juga sebagai pintu masuk ke Indonesia di bagian barat, sehingga perlu melakukan antisipasi terhadap masuknya virus corona itu," jelas Meutya Viada Hafid.

Mengenai keandalan Alutsista di jajaran Kodam I/BB yang memerlukan pembaharuan, Meutya Viada Havid menegaskan hal itu akan dibahas dalam rapat-rapat di Komisi I nantinya.

"Kita (Komisi I) sudah berkomitmen untuk percepatan modernisasi Alutsista dan pemenuhan perlengkapan lainnya untuk wilayah Kodam I/BB. Karena pada prinsipnya, kita ingin keandalan Alutsista di wilayah Kodam I/BB ini lebih layak pakai," jelasnya.

Sementara, Mayjen Fadhilah menyatakan sangat berterima kasih kepada Komisi I DPR RI yang telah datang dan berkunjung guna melihat sejauh mana kesiapan Kodam I/BB dalam menghadapi berbagai potensi tantangan ke depan.

"Interaksi dan laporan sudah kita sampaikan, termasuk apa yang menjadi perhatian dan kesiapan kita dalam menghadapi berbagai potensi," jelas Mayjen Fadhilah.

Hal lain yang menjadi apresiasi Pangdam Mayjen Fadhilah kepada Komisi I DPR RI adalah adanya masukkan-masukkan penting untuk Kodam I/BB dalam upaya memberikan pengabdian dan karya terbaik bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

Mayjen Fadhilah juga berharap apa yang menjadi masukkan Kodam I/BB kepada Komisi I DPR RI, mudah-mudahan bisa menjadi agenda pembahasan dalam rapat-rapatnya.
"Kita berharap Komisi I DPR RI bisa terus berpikir untuk meningkatkan kemampuan kita semua dalam rangka menuju Indonesia yang jaya, maju, dan sejahtera," pungkas Mayjen Fadhilah.

Turut serta dalam kunker tim Komisi I DPR RI ini, antara lain Utut Adianto, Effendy Simbolon, Adian Napitupulu, Lodewijk F Paulus, dan anggota lainnya serta para staf.(rel/dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini